5 Tips Tidak Mudah Jatuh Cinta, Pernah Mengalaminya?

Rafi Alvirtyantoro
5 Tips Tidak Mudah Jatuh Cinta, Pernah Mengalaminya?
Ilustrasi dua orang yang sedang jatuh cinta. (Pexels/Katerina Holmes)

Apakah kamu pernah naksir seseorang yang berbeda setiap harinya? Walaupun perasaan tidak mudah untuk dikontrol, tetapi mudah jatuh cinta pada orang lain bisa saja memberatkanmu. Kamu jadi bimbang dan bingung dengan perasaanmu sendiri.

Berikut adalah lima tips untuk tidak mudah jatuh cinta pada orang lain.

1. Hindari Niat Berkencan

Ketika kamu tidak ingin mudah untuk jatuh cinta, maka hindari niatmu untuk mempunyai kekasih. Ketika kamu menghindarinya maka secara tidak sadar kamu akan berpikir bahwa orang-orang yang kamu temui tidak akan menjadi kekasihmu.

Kamu akan menganggap mereka biasa saja dan tidak ada perasaan lebih yang muncul. Namun, ketika kamu berniat berkencan, maka ketika ada yang menarik perhatianmu, kamu akan mudah untuk jatuh cinta. Hal tersebut yang harus kamu hindari.

2. Dibawa Santai Aja

Sebagian dari kamu mungkin jatuh cinta dari hal-hal kecil, salah satunya adalah interaksi. Untuk menghindari dari perasaan jatuh cinta, kamu bisa bersikap lebih santai.

Jangan berpikir bahwa orang yang telah berinteraksi denganmu memberikan perhatian lagi. Kamu bisa membawa hal tersebut dengan santai tanpa melibatkan perasaanmu. Namun, terkadang ada yang sengaja melakukannya agar kamu tertarik padanya. Kamu harus bisa menahan diri dan menanggapinya dengan santai.

3. Mundur

Perasaan tidak ada yang bisa menebaknya. Kalau kamu sudah merasakan ada perasaan lebih yang muncul, segera mundur dan menjauh dari penyebabnya. Netralkan kembali perasaanmu agar terhindar dari perasaan jatuh cinta.

Kamu bisa melakukan kegiatan lain yang bisa membuatmu lupa dengannya. Setelah perasaanmu padanya sudah menghilang, kamu bisa kembali berinteraksi dengannya. Namun jika muncul lagi, berarti kamu harus bisa lebih mengontrol diri. Walaupun tidak mudah, kamu bisa mencobanya lebih keras lagi.

4. Habiskan Waktu dengan Teman

Cara ini menjadi cara yang baik untuk dilakukan. Kamu bisa menghabiskan waktu bersama teman yang sekiranya tidak membuat perasaan jatuh cinta muncul. Lakukan hal-hal yang menyenangkan dan bisa membuatmu lebih nyaman.

Namun, ini akan menjadi masalah ketika penyebab kamu jatuh cinta adalah temanmu. Kamu harus bisa menjaga jarak dan menghindarinya sedikit agar tidak terlalu terlihat jelas. Kamu bisa memberi tahu salah satu temanmu agar bisa membantumu.

5. Berpikir Realistis

Untuk menghindari dari perasaan jatuh cinta, berpikir realistis bisa menjadi salah satunya. Kamu bisa berpikir tentang risiko dan dampak buruk yang bisa saja terjadi jika kamu memiliki perasaan lebih dengannya.

Tidak semua perasaan jatuh cinta itu menyenangkan. Kamu harus bisa mengontrol dan menghadapinya dengan baik, jika tidak akan merugikan kamu sendiri.

Itulah tips agar tidak mudah jatuh cinta dan memiliki perasaan lebih pada seseorang. Semoga informasi di atas bisa membantumu agar bisa mengontrol perasaan yang kamu punya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak