3 Tips agar Tetap Hemat saat Liburan ke Tempat Wisata

Elvira D Paramitha
3 Tips agar Tetap Hemat saat Liburan ke Tempat Wisata
Ilustrasi berlibur (Unsplash.com/Steven Lewis)

Liburan merupakan saat di mana seseorang bersenang-senang. Namun, sayangnya, liburan ternyata juga dapat menjadikan seseorang lebih boros dalam mengeluarkan uang, apalagi saat liburan tersebut dilakukan di tempat wisata.

Padahal, uang yang dikumpulkan itu tidaklah mudah dan cepat untuk didapatkan. Oleh karena itu, untuk kamu yang tetap ingin berlibur dan tetap hemat, kamu bisa mencoba 3 tips di bawah ini.

1. Bawa Makanan Ringan dari Rumah

Makanan-makanan yang dijual di tempat berlibur biasanya sudah dinaikkan hingga 2 kali lipatnya, apalagi di pusat perbelanjaan khusus oleh-oleh seperti yang ada pada tempat wisata. Harga yang diberikan bisa sangat mahal dan lebih tinggi dari harga pasaran.

Kamu bisa mengakali dengan membawa makanan ringan dari rumah. Bawalah makanan-makanan yang tidak mudah basi dan awet hingga berhari-hari. Kamu tetap dapat membeli makanan saat sudah berada di tempat liburan.

Namun, usahakan membelinya di luar tempat-tempat wisata seperti di dalam perkampungan atau pedesaan tempat warga lokal tinggal. Harga yang dipatok di tempat-tempat seperti itu biasanya masih tergolong wajar.

2. Tidak Berbelanja di Tempat Wisata

Berbelanja untuk oleh-oleh sebenarnya merupakan hal yang lumrah untuk dilakukan, apalagi untuk kamu yang memilih tempat berlibur yang jaraknya cukup jauh dari rumah. Pasalnya, barang-barang yang kamu beli dapat menjadi sebuah kenang-kenangan.

Namun, sayangnya, barang-barang yang dijual di pusat perbelanjaan khusus yang ada di tempat wisata cenderung memiliki harga yang sangat mahal. Hal ini sebenarnya normal, karena para penjual pasti harus menyewa tempat yang harganya tidak murah apalagi jika pajak ditanggung oleh mereka.

Untuk kamu yang ingin berhemat namun masih ingin membeli barang-barang untuk oleh-oleh, kamu dapat mencoba membelinya di luar pusat perbelanjaan yang ada di tempat wisata. Biasanya, kawasan di sekitar tempat wisata juga menjual beraneka ragam barang-barang untuk oleh-oleh.

Jika kamu membeli di daerah seperti ini, kemungkinan besar kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah ketimbang yang ada di dalam tempat wisata.

3. Jalan Kaki

Bagi orang Indonesia, jalan kaki merupakan hal yang cukup jarang dilakukan. Pasalnya, cuaca di Indonesia yang tergolong terlalu ekstrem cenderung membuat para pejalan kaki enggan untuk berjalan kaki.

Namun, saat di tempat wisata, apalagi jika tempat wisata kamu cukup terpencil seperti di atas pegunungan, kendaraan-kendaraan besar seperti bis atau mobil pasti akan kesusahan untuk melewatinya.

Di sinilah biasanya banyak sekali orang-orang yang menawarkan untuk menyewa kendaraan yang lebih kecil seperti sepeda motor atau sepeda. Harga yang dipatok biasanya sangat tinggi, sehingga akan sulit untuk kamu menghemat biaya.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba pilihan untuk berjalan kaki saja. Selain menyehatkan dan hemat, kamu juga bisa menikmati pemandangan sambil mengabadikan berbagai momen.

Bagaimana? Sudah siap menghemat saat liburan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak