3 Tips Memperluas Jaringan Pertemanan untuk Mahasiswa

Elvira D Paramitha
3 Tips Memperluas Jaringan Pertemanan untuk Mahasiswa
Ilustrasi Jaringan Relasi atau Pertemanan(Unsplash.com/Louise Viallesoubranne)

Sebagai seorang mahasiswa, kita pasti sering mendengar tentang nasihat untuk memperbanyak relasi, bukan? Apa sebenarnya relasi itu? Apakah relasi memang penting untuk dimiliki?

Menurut KBBI, relasi adalah hubungan, perhubungan, pertalian, dengan orang lain. Hal ini sangat berguna apalagi untuk mahasiswa karena akan membuka lebih banyak kesempatan baik. Relasi sangat erat kaitannya dengan pertemanan.

Hal ini sebenarnya cukup sederhana namun banyak yang kesulitan untuk mendapatkannya. Lalu, bagaimana cara memperluas jaringan pertemanan atau relasi terutama saat kuliah? Simak 3 tipsnya di bawah ini.

1. Mengikuti Banyak Kegiatan Kampus

Kamu dapat mengikuti banyak kegiatan di dalam kampus seperti himpunan mahasiswa, BEM, UKM, hingga kepanitiaan-kepanitiaan acara resmi kampus. Dengan mengikuti banyak kegiatan seperti ini, kamu akan dengan mudah mendapatkan relasi pertemanan yang banyak terutama pada lingkup kampus kamu.

Selain itu, kamu juga dapat dikenal oleh beberapa dosen atas keaktifan kamu. Sebab, mengikuti kegiatan di dalam kampus akan lebih sering melibatkan dosen entah untuk perijinan dan hal-hal lainnya.

2. Mengikuti Komunitas di Luar Kampus

Mengikuti kegiatan di luar kampus juga akan sangat membantu kamu dalam mendapatkan jaringan pertemanan yang luas, apalagi jika komunitas yang kamu ikuti memiliki lingkup yang sangat luas seperti komunitas provinsi atau nasional, maka akan lebih luas juga relasi yang bisa kamu dapatkan.

Melalui komunitas luar kampus, kamu juga dapat belajar lebih banyak terutama dari mereka yang tinggal berbeda kota dengan kamu. Hal ini disebabkan, perbedaan lokasi geografis dimana seseorang tinggal, pasti berbeda pula cara berpikirnya.

Dengan lebih beragamnya jenis kepribadian orang yang kamu temui di komunitas, semakin banyak juga hal yang dapat kamu pelajari.

3. Mengikuti Magang

Mengikuti magang ternyata juga sangat membantu kamu mendapatkan banyak jaringan pertemanan baru. Saat magang, kamu tidak hanya akan bertemu teman magang namun juga atasan-atasan yang telah memiliki jabatan resmi. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam mencari relasi yang lebih profesional.

Selain itu, dengan mengikuti magang kamu juga bisa mendapatkan lebih banyak exposure dari tingkat perusahaan terutama jika tempat magangmu merupakan perusahaan bonafide.

Bagaimana? Siap memperluas jaringan pertemanan dan relasi?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak