5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Menabung Sejak Dini demi Masa Depan

Santi Kartika
5 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Menabung Sejak Dini demi Masa Depan
Ilustrasi menabung (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Kita pasti sering mendengar peribahasa hemat pangkal kaya. Sejak kecil, kita juga sering diajarkan untuk rajin menabung dan berhemat. Itu semua adalah nasihat yang baik. Menabung akan membuat kita mendapatkan financial security untuk masa depan. Memiliki kebiasaan menabung tentu akan sangat berguna bagi kita, terlebih lagi apabila kita berencana untuk membeli pembelian besar seperti rumah dan mobil. Berikut lima alasan mengapa kamu harus mulai menabung sejak dini demi masa depan yang lebih baik.

1. Keamanan jangka panjang

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kita semua tidak ada yang pernah tahu mengenai masa depan. Maka dari itu, menabung adalah pilihan yang tepat agar kita tetap berjaga-jaga untuk masa depan. Menabung sangat penting untuk menciptakan financial security.

Bayangkan apabila kamu tiba-tiba sudah tidak bisa bekerja lagi dan kamu tidak memiliki tabungan, lalu bagaimana kamu memenuhi kebutuhan pokokmu?

2. Menyiapkan untuk hal-hal darurat

Ilustrasi wanita (Pexels.com/Karolina Grabowska)
Ilustrasi wanita (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Dalam hidup, setiap orang pasti akan menghadapi hal-hal darurat, misalnya kendaraan yang mendadak rusak atau kebutuhan untuk membeli sesuatu yang darurat. Hal ini tentu tidak bisa dihindari. Namun, memiliki dana tabungan akan dapat membantumu dalam menghadapi hal-hal yang di luar kendalimu tersebut.

3. Membantu orang lain

Ilustrasi membantu (Pexels.com/RODNAE Productions)
Ilustrasi membantu (Pexels.com/RODNAE Productions)

Ketika dana tabunganmu meningkat, maka potensi kamu untuk berbagi dan membantu orang lain juga ikut meningkat. Bayangkan apabila seseorang hanya memiliki dana untuk kebutuhan sehari-hari saja, maka ia tentu akan berpikir dua kali untuk bisa berbagi kepada orang lain.

Dengan memiliki dana tabungan dan berbagi kepada orang lain, otomatis kamu juga akan menjadi pribadi yang lebih bermanfaat bagi sesama.

4. Menurunkan potensi masalah finansial dalam kehidupan rumah tangga

Ilustrasi keluarga (Pexels.com/Agung Pandit Wiguna)
Ilustrasi keluarga (Pexels.com/Agung Pandit Wiguna)

Bukan hal yang mengherankan apabila masalah finansial adalah salah satu penyebab dari perceraian. Dengan menabung sejak dini, maka itu akan menurunkan risiko terjadinya konflik akibat masalah finansial dalam rumah tangga. Jadi intinya, menabung sangat baik untuk kehidupan pernikahan dan rumah tanggamu nantinya.

5. Membeli pembelian besar

Ilustrasi pasangan (Pexels.com/Kindel Media)
Ilustrasi pasangan (Pexels.com/Kindel Media)

Menabung juga akan berguna nantinya apabila kamu berencana membeli pembelian besar, seperti rumah dan mobil. Rumah dan mobil tersebut bukanlah suatu hal yang bisa dibeli secara murah, maka dari itu kita harus mulai menabung sejak dini demi financial security di masa depan.

Itu tadi adalah 5 alasan mengapa kamu harus mulai menabung sejak dini demi masa depan yang lebih baik. Apa kamu sudah mulai menabung?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak