3 Kegiatan yang Tanpa Disadari Membantu Mengasah Otak, Pernah Melakukannya?

Elvira D Paramitha
3 Kegiatan yang Tanpa Disadari Membantu Mengasah Otak, Pernah Melakukannya?
Ilustrasi Bermain Game (Unsplash.com/SCREEN POST)

Melakukan kegiatan dalam sehari bisa tidak terhitung jumlahnya. Dari banyaknya kegiatan yang kita lakukan, kebanyakan mungkin memiliki tujuan masing-masing namun tidak menutup kemungkinan kita melakukan kegiatan hanya untuk mengisi waktu luang, mencari kebahagiaan dan sebagainya yang mana tidak memiliki tujuan tertentu yang signifikan.

Kegiatan-kegiatan seperti ini bagi sebagian orang dinilai tidak berguna dan membuang waktu. Namun, apakah kamu menyadari, beberapa dari kegiatan yang hanya membuang waktu kemungkinan besar sangat besar manfaatnya untuk otak kita. Oleh karena itu, 3 kegiatan di bawah ini adalah 3 kegiatan yang secara tidak sadar mengasah otakmu.

1. Bermain Game

Bermain game, apalagi pada aplikasi di ponsel merupakan hal yang menyenangkan dan sering sekali dilakukan oleh banyak orang. Bagi beberapa orang, hal ini sangat membuang waktu karena saat seseorang sudah keasyikan bermain game, mereka cenderung lupa waktu. Bermain game juga dapat membuat seseorang mengalami kecanduan yang mana sangat tidak baik karena dapat mengganggu aktivitas harian. Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa bermain game sebenarnya juga dapat membantu mengasah otak.

Saat bermain game, otak akan secara aktif memikirikan banyak strategi permainan agar dapat memenangkan permainan. Namun, tetap saja, bermain game secara berlebihan tetap tidak baik. Saat terlalu lama bermain game dan terlalu sering memikirkan strategi-strategi untuk memenangkan permainan, otak akan cepat lelah dan seseorang bisa terjatuh sakit. Oleh karena itu, usahakan untuk bermain game hanya di waktu yang luang saja.

2. Mencoret-coret Buku

Apakah kamu pernah merasa sangat bosan dan pada akhirnya mencoret-coret buku? Hal ini sangat sering dilakukan oleh banyak orang yang merasa kesal, sedih atau hanya sekedar bosan. Saat mencoret-coret di atas kertas, secara tidak sadar, kamu ikut menuangkan pikiran-pikiran yang tertahan di dalam hati dan pikiranmu.

Kegiatan ini juga banyak tidak disadari adalah kegiatan yang cukup membantu mengasah otak. Saat kita mencoret-coret kertas, kita cenderung menggambar dan menulis banyak hal. Di saat itulah, otak kita cenderung aktif bekerja untuk mencari-cari hal apa saja yang akan kita gambar dan tulis sebagai pelampiasan. 

3. Berbicara dengan Diri Sendiri

Berbicara dengan diri sendiri adalah hal aneh bagi sebagian orang, namun tidak bagi sebagian lainnya. Saat kita merasa kesal, sedih, senang, bingung dan banyak lainnya, kita aka secara tidak sadar berbicara sendiri dengan diri kita. Hal ini ternyata memiliki fungsi yang tidak terduga. Saat berbicara dengan diri sendiri, kita akan lebih mudah untuk mengenal diri sendiri.

Selain itu, hal ini juga dapat membantu mengasah otak karena saat kita berbicara dengan diri sendiri, kita cenderung secara aktif memainkan role sebagai dua orang. Selain itu, otak kita juga akan secara aktif merangkai cerita atau pertanyaan yang akan dilontarkan kepada diri sendiri.

Bagaimana? Apakah kamu pernah melakukan salah satu dari kegiatan di atas?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak