3 Manfaat Mengucapkan Syukur

Rusdi NS Pati
3 Manfaat Mengucapkan Syukur
Ilustrasi Mengucapkan Syukur (pexels.com/ @RODNAE Productions)

Sudahkah kita bersyukur atas nikmat yang kita dapatkan dari Tuhan? Syukur, sebuah kata sederhana yang memiliki pengaruh kuat dalam hidup. Betapa tidak? Mereka yang hidup tanpa memiliki rasa syukur, hidupnya bagaikan orang yang selalu kekurangan. Bayangkan saja. Orang yang memiliki kekayaan berlimpah. Namun, mereka tidak memiliki rasa syukur sedikitpun. Mereka akan cenderung congkak dan serakah. Mereka akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan kekayaannya. Mereka lupa bahwa ada kekuatan lain yang menggerakkan dan memberikan kekayaan dan kebahagiaan. Jadi, syukur sangat diperlukan dalam kehidupan kita.

Syukur, menurut Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI) daring, ialah (1) rasa terima kasih kepada Allah dan (2) untunglah (pernyataan senang, lega dan sebaginya). Berdasarkan pengertian tersebut, syukur merupakan pernyataan senang dan lega sebagai ungkapan rasa terima kasih atas capaian dan pemberian Allah kepada kita.

Syukur tidak hanya diucapkan. Tapi juga dilakukan dengan sungguh-sungguh. Bisa saja dengan berbagi kebahagiaan dengan orang lain atau tetangga sekitar. Misalnya saja, kita sudah redeem karena telah menulis di Yoursay.com, kita berbagi kebahagiaan dengan anggota keluarga kita. Bisa dengan istri, anak, orang tua dan juga saudara. Kita makan bersama di rumah makan dengan hasil redeem poin kita. itu termasuk bentuk rasa syukur kita dengan berbagi.

Bersyukur itu memiliki beberapa manfaat. Bukan hanya diucapkan tapi juga dilaksanakan. Berikut 3 manfaat mengucapkan syukur.

1. Menghilangkan sikap bersungut-sungut

Saat kita merasa bersyukur atau setidaknya mengucapkan rasa syukur, kita berarti berterima kasih atas pemberian Tuhan pada kita. Pemberian Tuhan tersebut kita terima dengan hati senang. Kita pun akan mengucapkan syukur.

Saat mengucapkan syukur tersebut, sebenarnya kita telah menghilangkan sikap bersungut-sungut. Sikap yang cenderung merugikan karena kita tidak menerima pemberian Tuhan.

2. Memiliki sikap menerima apa adanya

Bersyukur menjadikan kita memiliki sikap menerima apapun pemberian Tuhan. Baik pemberian yang baik maupun pemberian yang kurang baik. Semua sudah menjadi jatah kita. Saat kita mengucapkan syukur, berarti kita menerimanya dengan senang hati. Saat menerima dengan perasaan senang, hati akan merasa tenang.

3. Menyenangkan Allah sehingga hidup damai dan mengundang keberkahan yang lebih besar

Saat kita mengucapkan syukur, kita merasa pemberian Tuhan itulah yang terbaik untuk kita. hidup akan damai. Hati merasa tenang. Kedamaian dan ketenangan atas pemberian Tuhan menjadikan keberkahan datang atas nikmat tersebut. Ketika kita bersyukur kita akan merasakan keberkahan yang lebih besar hadir dalam hidup kita. tidak hanya berupa materi. Tapi juga perasaan damai.

Demikian 3 manfaat mengucapkan syukur. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak