5 Kebiasaan Kecil yang Merusak Kesehatan Mental, Kamu Termasuk Salah Satunya?

Budi Prathama
5 Kebiasaan Kecil yang Merusak Kesehatan Mental, Kamu Termasuk Salah Satunya?
Ilustrasi kebiasaan kecil yang dapat merusak kesehatan mental. (Pixabay/@Peggy-Marco)

Kesehatan mental sangat penting untuk dijaga karena juga berpengaruh besar pada kehidupan manusia. Bahkan kesehatan mental sangat menentukan kualitas dan kesuksesan seseorang. Namun adakalanya berbagai faktor yang membuat kesehatan mental tidak mampu terawat. 

Sebenarnya bukan hanya kejadian besar seperti trauma yang bisa membuat kesehatan mental seseorang bisa terganggu. Tetapi kebiasaan kecil sehari-hari juga bisa memberi pengaruh besar pada kehidupanmu. 

Berikut lima kebiasaan kecil yang dapat merusak kesehatan mental kamu seperti disadur dari akun instagram @pikiran_terbuka. 

1. Sering mengeluh 

Curhat dan mengeluh sesekali memang bagus, tetapi justru buruk jika terus mengeluh setiap hari dan tentu akan sulit melihat sisi positif yang ada dalam hidupmu. Perjuangan memang kadang pahit, tetapi bukan karena kondisi itu justru tidak ada semangat berjuang. Untuk itulah penting agar tetap menjaga semangat berjuang bisa stabil. 

2. Multitasking

Orang pintar sekalipun itu tentu bakalan sulit melakukan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan, karena otak kita hanya bisa fokus pada satu tugas saja secara bergantian. Apabila kamu keseringan multitasking bisa saja akan membuat kamu stress. 

3. Bercanda merendahkan diri 

Mampu menertawakan diri sendiri adalah tanda bahwa kamu mempunyai mental yang kuat dan dewasa, tetapi justru akan buruk kalau berlebihan sampai merendahkan diri sendiri. Harusnya jadikanlah kekurangan sebagai kekuatan dan gali potensi untuk terus dikembangkan. 

4. Lingkungan yang berantakan

Berada pada lingkungan yang berantakan bisa saja membuat kamu kewalahan, mudah menunda pekerjaan, hingga menjadi stress dan frustasi. Maka dari itu carilah lingkungan yang bisa membuat kamu berkembang dan evaluasi lingkungan pertemanan yang sekarang, karena jangan sampai membuat kesehatan mentalmu terganggu. 

5. Selfie (swafoto) 

Banyak hasil studi yang menunjukkan bahwa orang yang sering selfie memiliki body image dan selfie image yang negatif dan berpengaruh  pada kesehatan mental juga. Walaupun ini kadang dianggap sepele, tetapi patut diperhatikan agar kesehatan mental tidak terganggu. 

Nah, itulah lima kebiasaan kecil yang dapat merusak kesehatan mental dan semoga saja kita dapat menghindarinya. "Kesehatan mental Anda adalah segalanya prioritaskan itu. Luangkan waktu seperti hidup Anda bergantung padanya, karena memang demikian," Mel Robbins. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak