4 Alasan Kenapa Sebaiknya Kita Tidak Mengisi Kuliah Hanya dengan Belajar

Septyarosa Syahputri
4 Alasan Kenapa Sebaiknya Kita Tidak Mengisi Kuliah Hanya dengan Belajar
Ilustrasi kerja tim (Pexels/Keira Burton)

Salah satu tujuan menapaki bangku perkuliahan tentunya untuk memperkaya ilmu pengetahuan, di sisi lain kita juga membutuhkan gelar akademis untuk memudahkan kita mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Namun, tentunya dunia tidak bekerja semulus keinginan kita.

Faktanya, duduk di bangku perkuliahan tidak selalu menjamin seseorang cakap dalam bersosialisasi dan memiliki pengetahuan di luar bidang akademik. Oleh karena itu, penting sekali untuk menggali pengalaman dan belajar banyak hal di luar buku teks selama berkuliah. 

Kuliah, memungkinkan kita bertemu banyak orang, mengenal berbagai macam karakter, dan mempersilakan kita ikut berbagai jenis organisasi. Maka dari itu, sebaiknya kamu tidak hanya mengisi waktu kuliah hanya dengan belajar akademik saja melainkan belajar banyak hal lain. Lantas, apa sih yang sebenarnya bisa kamu kembangkan selama masa kuliah? Yuk, simak selengkapnya!

1. Memperbanyak pengalaman dengan berorganisasi

Memperbanyak pengalaman salah satunya dengan mengikuti organisasi di kampus, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan sebagainya. Dengan mengikuti BEM, kamu akan memperkaya pengalaman yang mungkin tidak kamu dapatkan hanya dari sekadar belajar lewat buku teks.

Bergabung dengan organisasi bisa mengasah keterampilan bersosialisasi dan ikut terlibat dalam berbagai program yang dijalankan. Ini tentu bisa melatih kemampuan kerja tim, dan komunikasi antar tim. Berorganisasi juga akan memperkaya curriculum vitae-mu saat melamar pekerjaan.

2. Memperluas lingkup pertemanan

Tidak hanya berorganisasi, selama kuliah, kesempatan untuk bersosialisasi terbuka seluas-luasnya. Beragam karakter, kepribadian, dan usia bisa kamu temui. Dengan belajar bersosialisasi, kamu akan memperluas lingkup pertemanan. Bukan hanya teman sebaya, tapi, kamu bisa berusaha menjalin relasi yang baik dengan dosen dan staf kampus lainnya. Dengan begitu, koneksi akan meluas dan lebih mudah dibangun.

3. Pelajari hal yang tidak bisa dipelajari hanya dari buku 

Mempelajari hal yang mungkin sulit dipraktekan hanya dengan membaca buku seperti manner dan public speaking selama berkuliah yang juga sangat penting. Kenapa penting? Karena, seseorang akan lebih dipercaya ketika mereka memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik.

Bukan hanya asal ceplas-ceplos saja, melainkan etika serta gaya berbicara yang baik akan sangat menunjang kepercayaan diri seseorang. Komunikasi yang jelas, runut, dan minim bualan akan mudah mendapatkan simpati dan kepercayaan orang lain yang berguna untuk bekalmu ketika bekerja nanti.

4. Mengasah kemampuan bekerja secara tim

Duduk di bangku perkuliahan diharapkan tidak hanya membuatmu terlatih secara individual tapi juga tim. Kemampuan bekerja secara tim sangat dibutuhkan saat kamu bekerja nanti. Maka, jangan sampai kamu tidak memiliki pengalaman dalam bekerjasama tim.

Itulah empat alasan kenapa sebaiknya kita tidak mengisi kuliah hanya dengan belajar. Sebaiknya, pelajari lebih banyak hal dan asah lebih banyak kemampuan untuk menghasilkan karakter yanh lebih matang saat memasuki dunia kerja. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak