4 Alasan Kenapa Kadang Memendam Perasaan Cinta Itu Lebih Baik daripada Diungkapkan

Septyarosa Syahputri
4 Alasan Kenapa Kadang Memendam Perasaan Cinta Itu Lebih Baik daripada Diungkapkan
Ilustrasi galau (Unsplash.com/Tamarabellis)

Banyak yang bilang jika jatuh cinta, maka ungkapkanlah. Namun, kenyataannya tidak semua orang mampu mengungkapkan perasaannya. Meskipun tak diungkapkan, bukan berarti orang yang memendam rasa cinta tanpa mengungkapkannya itu egois dan penakut.  

Terkadang, seseorang mengerti bahwa rasa cintanya tidak dalam porsi dan situasi yang tepat. Ada beragam alasan mengapa seseorang memilih untuk memendam saja rasa cintanya tanpa ingin diungkapkan. Apa saja alasannya? Yuk, simak selengkapnya! 

1. Mencegah hancurnya hubungan yang sudah dibangun 

Salah satu alasan terbesar seseorang tidak mau mengungkapkan rasa cintanya yakni karena ia tidak ingin menghancurkan hubungan yang telah terjalin dengan sosok yang dicintanya. Mungkin hubungan itu adalah pertemanan, persahabatan, atau rekan kerja.

Dengan mengungkapkan perasaan, akan muncul dua kemungkinan: diterima atau ditolak. Semua orang tentu ingin akhir yang bahagia, namun, bagaimana jadinya bila akhirnya tidak seperti yang dikira? Memendam perasaan jadi pilihan meskipun itu bukan sebuah solusi. 

2. Kamu tahu bahwa kamu bukan sosok yang dicarinya 

Ada orang yang memilih memendam perasaannya karena ia tahu dan paham betul bahwa dirinya bukanlah sosok yang dicari orang tersebut. Ia paham, hubungannya akan rusak jika dirinya memilih untuk mengungkapkan perasaannya.

Mereka akan memilih untuk mencintai dalam diam. Meskipun tidak akan menyelesaikan persoalan hati, namun, setidaknya dengan diam, ia merasa tidak harus menjauh dan merasa kecewa. 

3. Mengerti bahwa situasinya sulit karena adanya perbedaan 

Perbedaan membuat dunia lebih indah, tapi, tidak untuk mencinta. Perbedaan yang fatal adalah sebuah ancaman untuk rasa cinta yang bisa jadi mustahil untuk disatukan.

Entah itu karena beda kepercayaan, perbedaan suku dan adat, ataupun karena restu orang tua yang pada akhirnya membuat seseorang lebih memilih untuk memendam perasaannya saja ketimbang harus menghadapi rasa kecewa. 

4. Mencintai dalam diam membuatmu lebih bahagia daripada diungkapkan 

Tahukah kamu, jika, sebagian orang menemukan kebahagiaan dari jatuh cinta diam-diam? Sebagian orang berfikir bahwa rasa cinta itu harus diungkapkan dan harus disatukan, tapi, sebagian lagi merasa bahwa tidak selamanya rasa cinta selalu harus diungkapkan.

Mereka bisa saja merasa bahwa cinta dalam diamnya itu adalah hal yang membahagiakan. Meskipun begitu, hal ini bisa jadi sebuah bentuk keikhlasan dan ketulusan seseorang dalam mencintai. 

Tidak selamanya rasa cinta itu perlu diungkap. Tidak semestinya seseorang harus memaksakan kehendak. Terkadang, mencintai dalam senyap itu sudah cukup.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak