3 Kesalahan Dalam Persiapan Pernikahan, Perhatikan dari Sekarang!

Mutami Matul Istiqomah
3 Kesalahan Dalam Persiapan Pernikahan, Perhatikan dari Sekarang!
ilustrasi pernikahan. (freepik.com/bristekjegor)

Pernikahan membutuhkan kesiapan yang matang. Bukan sekadar satu ataupun dua hari, tapi memang harus dilakukan dengan penuh pertimbangan yang matang. Banyak orang yang melakukan beberapa kekeliruan dalam menjalani kehidupan rumah tangga, di mana semua itu disebabkan oleh kesalahan atau kuranganya persiapan dalam pernikahan. 

Untuk mengatasi hal tersebut dan agar penrijahan bisa berjalan dengan persiapan yang matang, maka berikut ini merupakan beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan dalam persiapan pernikahan. Semoga bisa membantu kamu untuk memiliki persiapan yang jauh lebih matang. 

1. Terlalu melibatkan banyak pihak

Kesalahan yang pertama adalah ketika kamu melibatkan banyak pihak. Mulai dari dirimu dan pasangan, keluarga sendiri  sampai keluarga pasangan, belum lagi orang-orang disekitar. 

Mungkin kamu berpikir bahwa semakin banyak pihak yang dilibatkan akan membuat persiapan semakin matang. Namun siapa sangka bawah ternyata seringkali terlalu banyak pihak justru membuat kamu merasa bingung karena kebanyakan komentar dan pertimbangan. 

2. Lupa melibatkan pasangan

Ada pula orang-orang yang melakukan kesalahan karena terlalu mengambil keinginan diri sendiri, sampai lupa untuk melibatkan pasangan. Hal ini akan membuat pasangan merasa tidak dihargai, bahkan salah paham.

Pernikahan adalah perihal dirimu dan pasangan. Jadi, jangan sampai kamu melupakan pasangan untuk terlibat di dalamnya. Kamu harus memastikan bahwa segala pilihan dan keputusan adalah milikmu dan pasangan. 

3. Terlalu mengurusi omongan orang

Mengurusi omongan orang memang tidak akan ada selesainya. Apalagi menjelang pernikahan, semakin banyak orang yang berkomentar. Baik ataupun buruk sama-sama menjadi beban dalam pikiran. 

Namun, terlalu mengurusi omongan orang akan membuat persiapan menajdi kacau dan berantakan. Karena seringkali tidak semua hal yang orang lain katakan adalah sesuatu yang benar. Kamu juga harus memprioritaskan kemauan diri sendiri dan pasangan dibandingkan omongan orang. 

Jadi, itu dia beberapa kesalahan dalam persiapan pernikahan. Semoga bisa membuat kamu semakin bijak dalam mempersiapkan segala sesuatunya. Karena bagaimana pernikahan berjalan salah satu faktor yang mendorong kelancarannya adalah persiapan pernikahan. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkannya dengan sebaik mungkin.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak