3 Cara Tepat untuk Menyikapi Setiap Perubahan

oce blue
3 Cara Tepat untuk Menyikapi Setiap Perubahan
Ilustrasi seorang wanita. (Pixabay/sasint)

Sepanjang kita masih bernafas, tentu akan ada banyak perubahan yang akan kita hadapi. Mulai dari pertemanan, hubungan dengan pasangan, atau juga berkaitan dengan kehidupan. Namun, bukan menjadi masalah untuk menghadapi semua hal itu. Di bawah ini ada 3 cara tepat yang bisa kamu terapkan untuk menyikapi setiap perubahan yang terjadi. 

1. Memposisikan diri dalam ketidaknyamanan

Untuk yang pertama kita bahas adalah mengenai perubahan yang mungkin kurang mengenakkan. Salah satu cara paling tepat untuk menyikapinya yaitu mengontrol diri sendiri. Biasakan dirimu untuk terbiasa dengan perubahan-perubahan yang terkadang tidak kamu duga. Biasakan kamu meletakkan dalam suatu hal yang mungkin tidak kamu inginkan.

Paksakan diri kita menjadi terbiasa dalam suatu perubahan yang asing dan membuat kita merasa tidak nyaman. Langkah awal adalah mengontrol diri sendiri, bukan keadaan. Keadaan tidak bisa kita atur semau kita. Tapi diri sendiri bisa dikontrol sesuai kondisi. 

2. Terus bergerak maju

Apakah dengan perubahan itu hidup kita menjadi terhambat? Tentu tidak sepenuhnya demikian. Pasti ada harapan-harapan lain yang masih bisa kamu wujudkan. Keadaan yang berubah tidak sepenuhnya menghancurkan seluruh mimpimu. Jadi, apapun kondisinya, kita memang harus memaksa diri sendiri untuk melangkah maju.

Setidaknya itu membuat perubahan yang lebih baik daripada tidak sama sekali. Perubahan dalam kehidupan memang terkadang membuat kita terkejut karena itu adalah hal baru. Tapi juga jadikan hal itu menjadi penghambat langkahmu. 

3. Berdamai dengan perubahan

Keputusan paling tepat adalah berdamai dengan semua perubahan itu. Jangan memaksa suatu hal harus mengikuti kemauanmu. Karena tidak selalu itu berdampak baik. Jadi, tetaplah bersikap dan berfikir positif. Jika kita sudah menerimanya dengan ikhlas, suatu saat pesan hebatnya pasti akan kita pahami.

Semua takdir yang telah digariskan Tuhan tidak ada yang sia-sia. Semuanya sangat bermanfaat untuk diri sendiri, bahkan untuk orang lain juga. Jangan terlalu cepat menilai hal yang tidak kamu sukai adalah keburukan. 

Bumi juga berotasi dan berevolusi. Jadi, bukan hal aneh jika kehidupan kita juga berputar. Jangan egois terhadap nasib. Semua orang berhak mendapatkan kebahagiaan, juga kesedihan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak