3 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Bersaing

Sapta Stori
3 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Bersaing
Ilustrasi bermain basket (pexels.com/RODNAE Productions)

Persaingan atau rivalitas merupakan hal yang sudah tak asing kita jumpai dalam berbagai bidang, seperti dalam pendidikan, bisnis atau olahraga. Orang yang ada di dalam sebuah lingkaran persaingan akan berjuang untuk menjadi yang terbaik dan mengungguli para pesaingnya. Dalam menghadapi suatu persaingan, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, di antaranya adalah:

1. Rivalitas bukanlah permusuhan

Sejatinya, persaingan dapat menjadi ajang untuk kita menjalin hubungan baik dengan sesama jika kita mampu memandang persaingan tersebut dengan bijak. Rivalitas semestinya bukanlah sesuatu yang menimbulkan perseteruan atau permusuhan, tapi menjadi sarana bagi setiap orang untuk memberikan kemampuan terbaiknya.

Walau biasanya ada kemenangan dan kekalahan, kita semestinya tidak melihat pesaing kita sebagai musuh. Jika kita mampu menyadari hal tersebut, persaingan akan menjadi sarana untuk belajar banyak hal, seperti memaksimalkan doa dan upaya, bijak dalam menyikapi kemenangan dan kekalahan, juga menghormati setiap pesaing kita.

2. Bersainglah dengan sehat, bukan dengan saling menjatuhkan

Ketika kita menghadapi sebuah persaingan, fokuslah untuk meningkatkan kemampuan atau adu strategi dengan cara yang baik. Hindarilah cara-cara curang yang menjatuhkan orang lain dan dapat menodai persaingan, serta menyebabkan hubungan kita dengan pesaing menjadi buruk.

Bersaing dengan cara yang sehat akan membuat kita puas dengan hasil yang didapatkan dan menjadi inspirasi bagi orang lain. Tentunya, ada banyak orang yang menantikan untuk bersaing, bukan hanya dengan para kompetitor hebat, tapi juga berjiwa sportif.

3. Tidak semua hal dalam hidup ini perlu kita persaingkan

Jiwa kompetitif memang diperlukan agar kita termotivasi untuk mengembangkan diri dan kemampuan kita, tapi jangan sampai hal tersebut membuat kita lupa bahwa tidak semua hal dalam hidup ini merupakan ajang perlombaan, sampai-sampai perlu untuk kita persaingkan.

Oleh karena itu, bersainglah di waktu, tempat dan hal yang tepat. Kita bisa saja bersaing bisnis dengan kompetitor, tapi tetaplah ingat bahwa kita tidak bisa bersaing dengannya dalam hal rezeki, karena hal itu bukanlah sesuatu yang dapat diperlombakan.

Demikian tiga hal yang perlu diperhatikan dalam bersaing. Semoga kita senantiasa mampu menghadapi persaingan dengan bijak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak