4 Tips Mengatasi Suara Negatif, Bebaskan Dirimu dari Pikiran Buruk

Rizky Melinda Sari
4 Tips Mengatasi Suara Negatif, Bebaskan Dirimu dari Pikiran Buruk
Ilustrasi percaya diri (pixabay)

Suara negatif memang terkadang tidak bisa kita hindari begitu saja. Akan ada momen dalam hidup ketika kita dipenuhi dengan suara dan pikiran negatif. Apalagi jika kita terbiasa membandingkan pencapaian atau keberhasilan diri sendiri dengan orang lain. 

Kita memang tidak akan pernah bisa lari atau bersembunyi dari pikiran negatif tersebut. Namun, kita bisa menghadapinya dengan cara yang tepat. Kita selalu punya pilihan untuk merespon hal negatif tersebut dengan cara yang bagaimana. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi suara atau pikiran negatif yang sedang menghampirimu.

1. Kenali suara negatif

Sebelum mencari solusi atau penyelesaiannya, kita harus bisa mengenali suara negatif yang muncul terlebih dahulu. Dalam hal apa suara negatif itu menghambatmu. Misalnya, kamu terlalu takut berbicara karena takut ada orang yang akan menertawakan, atau kamu merasa kurang pintar. Kenali suara mana yang muncul sehingga membuatmu tidak berani melangkah lebih jauh.

2. Alihkan pikiran

Kita memang tidak bisa menghentikan suara negatif itu dari pikiran, tetapi kita bisa mengganggu suara yang muncul itu dengan mengalihkan pikiran pada hal lain. Misalnya, menjawab suara negatif itu dengan kalimat positif seperti menyugesti diri sendiri bahwa kita tidak akan tahu hasilnya sebelum mencoba. Kita juga bisa menerapkan pola pikir bahwa reaksi orang lain terhadap apa yang kita lakukan bukan berada di bawah kendali kita.

3. Ganti keyakinan negatif

Keyakinan negatif yang dibiarkan terlalu lama hidup dalam diri dapat membuat kamu terbelenggu dan terbiasa dengannya. Untuk bisa mengisi keyakinan baru dalam pikiranmu, kamu perlu memprogram ulang pikiran dengan kalimat-kalimat positif, misalnya mengatakan 'aku sedang dalam proses belajar', atau 'aku bertumbuh setiap hari'. Contoh dua kalimat tersebut bisa kita ucapkan setiap pagi untuk mengirimkan sugesti positif pada diri sendiri.

4. Lakukan aksi

Tips terakhir yang bisa kita lakukan adalah dengan mencari sumber motivasi, bisa berupa tokoh yang kita inginkan menjadi seperti dia. Misalnya, kita ingin menjadi berani dan lebih terbuka, kita bisa bertingkah laku seperti orang itu. Hal ini bukan berarti kita berusaha memakai topeng atau mengikuti kepribadian orang lain, tetapi kita berusaha mengatasi hal negatif yang ada pada diri kita dengan mengadopsi keberanian orang lain.

Itulah empat tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi suara atau pikiran negatif yang sedang menghampirimu. Jangan biarkan suara negatif tersebut menguasai dan menghambat kita untuk meraih hal yang kita inginkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak