3 Ciri Orang yang Mempunyai Mental Lemah, Cek Dirimu Sekarang

Budi Prathama
3 Ciri Orang yang Mempunyai Mental Lemah, Cek Dirimu Sekarang
Ilustrasi orang yang memiliki mental lemah. (Pixabay/@Sammy-Sander)

Untuk menghadapi berbagai tantangan yang makin rumit dan menggiurkan maka diperlukan mental yang kuat. Tetapi sayang, tidak semua orang memiliki mental yang kuat. Biasanya orang yang bermental kuat akan dapat melalui tantangan hidup dengan mudah, sedangkan bagi mereka yang mentalnya lemah akan mengalami kewalahan dalam menghadapi tantangan hidup. 

Orang yang memiliki mental lemah akan cenderung cengeng, penakut, baperan, dan tidak berani untuk mencoba. Biasanya kalau kita bicara soal mental lemah, maka empat hal yang disebutkan tadi sering muncul. Tetapi sebenarnya ciri orang yang mentalnya lemah tidak hanya dilihat dari itu saja. Menurut teori Dr. Travis Bradberry dan Amy Morin, seperti disadur dari akun Instagram @mudahbergaul, berikut ciri orang yang mentalnya lemah. 

1. Belum memiliki pendirian 

Orang yang mentalnya lemah biasanya masih belum tahu tujuan hidupnya sendiri. Orangnya masih suka ikut-ikut arus kehidupan orang lain, dan orangnya kadang bersifat pasif serta tidak berani untuk menolak. Kondisi seperti ini tentu sulit bisa menjadi manusia yang berkembang sesuai dengan prinsip sendiri, dan bahkan bisa menyusahkan diri sendiri saja. Cara orang lain menjalani kehidupan belum tentu sama dengan cara kita untuk menghadapinya, dan mesti diingat pula bahwa setiap orang punya cara tersendiri meraih kesuksesannya. 

2. Kecerdasan emosi rendah 

Orang yang belum bisa mengontrol emosi dan gampang terpengaruh sama emosi. Orang yang belum bisa sepenuhnya membedakan emosi dan perasaannya. Kemudian, orang orang yang suka asal bertindak atau berbicara karena emosi sesaat. Kondisi ini tentunya sulit menjadi pribadi yang lebih baik dan gampang dihantam perasaan gelisah. 

3. Belum bisa menerima kenyataan 

Orang yang masih terjebak dengan masa lalunya dan masih ada dendam atau benci. Ciri ini membuat orang belum bisa menerima dirinya secara utuh termasuk kekurangannya, kekurangan, dan kesalahan. Artinya bahwa mereka akan benci pada dirinya sendiri. Sehingga saat dalam berjuang selalu tidak percaya pada kemampuan sendiri dan tidak bisa untuk bangkit dari kegagalan. 

Nah, itulah ciri orang yang mentalnya lemah dan semoga saja kita tidak seperti demikian. Justru sebaliknya kita mesti memiliki mental yang kuat dan terus meningkatkannya menjadi lebih baik. Tips yang mungkin bisa dilakukan agar memiliki mental yang kuat yaitu dengan meningkat kecerdasan emosi dan belajar tentang emosi, belajar menerima kenyataan dan kekurangan, serta belajar menjadi orang yang tegas. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak