5 Tips untuk Membangun Kebiasaan Baru, Buat Hidupmu Jadi Lebih Baik!

Rizky Melinda Sari
5 Tips untuk Membangun Kebiasaan Baru, Buat Hidupmu Jadi Lebih Baik!
Ilustrasi kebiasaan membaca (Pixabay/Pexels)

Hidup yang berarti adalah hidup yang bisa memberikan manfaat dan bermakna bagi diri sendiri serta orang lain. Hidup yang tidak diimbangi dengan keinginan untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik tidak akan bermakna.

Kita harus bisa mengubah hidup kita menjadi lebih baik setiap harinya. Tidak perlu dengan target yang terlalu besar atau berat. Kita bisa membuat target yang kecil tapi konsisten. Mungkin awalnya memang tidak terlihat perbedaan, tetapi sama seperti pepatah yang mengatakan sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, kebiasaan positif yang kita terapkan pasti akan mendatangkan hasil nantinya.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun kebiasaan baru yang positif serta bisa mengubah hidupmu menuju arah yang lebih baik.

1. Baca buku pengembangan diri setiap hari

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membaca buku pengembangan diri setiap harinya. Kita bisa memilih buku pengembangan diri dengan tema yang disesuaikan dengan minat dan ketertarikan kita. Membaca buku setiap harinya dapat melatih kita untuk terbiasa berinteraksi dengan buku.

2. Perlakukan diri sendiri dengan baik

Hal kedua yang dapat kita lakukan adalah memperlakukan diri sendiri dengan baik. Kita harus tahu apa saja kekurangan dan kelebihan kita, serta tahu kebutuhan dan berusaha memenuhinya dengan baik. Hidup kita tidak akan berubah menuju arah yang lebih baik jika kita sendiri tidak bersikap baik kepada diri sendiri. 

3. Ambil waktu untuk merencanakan hidupmu

Hidup tanpa perencanaan yang jelas dan matang akan rawan mengalami guncangan. Kita harus bisa merumuskan dan menetapkan apa yang ingin kita lakukan dan ingin kita capai beberapa tahun ke depan. Merencanakan hidup dapat menjadi salah satu cara untuk memersiapkan diri menghadapi masa depan.

4. Berkumpul dengan orang yang mendukungmu

Mengelilingi diri dengan orang yang memahami serta mampu mendukung kita juga bisa mendorong kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ketika tertimpa masalah, kita bisa bertanya solusi atau sekadar bertukar cerita dengan mereka. 

5. Kembangkan dan asah bakat setiap hari

Ketika kita sudah berhasil menemukan minat dan bakat kita, jangan menganggap bahwa kita tidak perlu berusaha lebih. Justru kita harus semakin giat mengembangkan dan mengasah bakat itu agar menjadi kekuatan kita. 

Itulah lima tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun kebiasaan baru yang positif serta bisa mengubah hidupmu menuju arah yang lebih baik. Istirahat sejenak boleh, tetapi jangan pernah berhenti untuk berproses menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari hari ke hari.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak