3 Hal yang Menjadi Penghalang untuk Mencapai Flow State, Segera Hindari!

Rizky Melinda Sari
3 Hal yang Menjadi Penghalang untuk Mencapai Flow State, Segera Hindari!
Ilustrasi Fokus (pexels.com)

Salah satu hal yang dapat mendukung produktivitas adalah ketika kita sudah bisa mencapai kondisi flow state. Flow adalah kondisi atau keadaan yang dapat membuat kita tidak hanya sekadar mendapatkan kesenangan (seperti makan, menonton, pesta, dan lain sebagainya), tetapi kita bisa merasakan enjoyment (suatu kesenangan disertai kepuasan karena mampu melakukan aktivitas yang positif dan membuat kita bertumbuh).

Flow state dapat  diraih ketika kita bisa mengombinasikan beberapa aspek seperti tingkat fokus yang tinggi, persiapan yang matang, dan menghindari gangguan atau distraksi. Ada beberapa hal yang harus dihindari agar kita bisa mencapai flow state. Berikut tiga hal yang dapat menghalangi kita mencapai kondisi flow state saat melakukan sesuatu, yuk hindari sebisa mungkin!

1. Multitasking

Jebakan produktivitas yang paling sering terjadi adalah ketika kita merasa produktif ketika melakukan multitasking atau melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Padahal, multitasking justru membuat kita kehilangan fokus.

Fokus adalah aspek penting yang harus kita jaga agar bisa mencapai kondisi flow state. Hindari multitasking agar kita bisa meraih kondisi flow state dengan cepat.

2. Distraksi dari lingkungan

Hal kedua yang harus kita hindari ketika ingin mencapai kondisi flow state adalah dengan menghindari berbagai macam distraksi atau gangguan. Kita harus pandai mengatur lingkungan dan kondisi agar bisa mendukung produktivitas kita dengan maksimal. Carilah ruangan atau lingkungan yang kondusif, tidak berisik, dan tidak membuat fokus kita mudah buyar begitu saja.

3. Tugas yang tidak sesuai kemampuan

Ketika dua hal di atas sudah dihindari,hal ketiga yang mungkin dapat menyebabkan kenapa kita sulit mencapai kondisi flow state adalah karena tugas atau pekerjaan yang kita kerjakan memang terlalu sulit dan tidak sesuai dengan kemampuan kita.

Lantas, apa yang bisa dilakukan? Kita bisa meminta bantuan orang lain, atau belajar dengan giat untuk meningkatkan skill di bidang yang kita merasa bahwa kita masih kurang menguasainya.

Itulah tiga hal yang dapat menghalangi kita untuk mencapai kondisi flow state saat melakukan suatu tugas atau kegiatan. Kita harus bisa menghindarinya sedapat mungkin!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak