3 Alasan Mengapa Kamu Juga Perlu Melatih Skill Humor

Dian Haerani
3 Alasan Mengapa Kamu Juga Perlu Melatih Skill Humor
Ilustrasi orang tertawa (Pixabay/pexels)

Selain karena banyak orang yang mengidamkan sosok humoris sebagai pasangan, ternyata menjadi seseorang dengan kemampuan humor yang bagus juga memiliki kegunaan lain yang lebih bermanfaat.

Seperti yang umum diketahui, seorang yang humoris biasanya membawa keceriaan dan kegembiraan bersama kepribadiannya. Maka dari itu orang humoris dikelilingi lebih banyak orang yang suka padanya.

Di samping hal yang umum itu, ternyata mempunyai skill humor yang baik juga mempunyai manfaat yang serius lho, misalnya seperti poin-poin di bawah ini.

1. Menarik Atensi Orang-Orang

Pernahkah kamu melakukan praktik pidato, presentasi, atau kegiatan public speaking lainnya di kelasmu? Setujukah kamu kalau orang yang melakukan public speaking disertai dengan beberapa candaan lebih bisa menarik perhatianmu ketimbang mereka yang benar-benar serius dan monoton?

Benar. Orang yang memiliki skill humor biasanya akan lebih didengarkan ketika berbicara di depan banyak orang. Selain bisa menangkap isi pidato orang tersebut, para audience juga jadi menaruh ekspektasi mengenai candaan lain dari orang tersebut yang akan menghibur mereka.

2. Memperkuat Ingatan

Biasanya orang-orang suka mengulang membahas hal-hal lucu yang berkesan bagi mereka. Ketika seseorang melakukan presentasi dengan menyertakan lelucon pada materinya, orang akan lebih mudah mengingat apa yang dia jelaskan di hadapan mereka.

Hal-hal yang menyenangkan juga memang lebih mudah menempel diingatan. Jadi, jangan ragu untuk mengutarakan candaanmu ketika sedang menjelaskan sesuatu yang penting di depan orang lain.

3. Meningkatkan Pemahaman

Saat ada suatu hal yang sulit dipahami, biasanya menggunakan hal lucu sebagai perumpamaan akan bisa membuat hal tersebut lebih mudah dipahami.

Otak manusia cenderung lebih bisa bekerja dengan baik ketika informasi yang didapatkannya tidak memberi tekanan yang terlalu berat. Ketika mengolah suatu jokes, otak akan menjadi lebih relaks dan bisa berpikir lebih optimal.

Oh iya! Pernahkah kamu menonton sebuah acara stand up comedy? Melalui hal tersebut kamu juga sebenarnya sudah melatih kemampuan memahami yang kamu miliki. Sering kali candaan-candaan yang dilontarkan seorang komedian itu juga menaruh teka-teki. Hal tersebut membuatmu jadi berpikir lebih kritis.

Itu dia alasan skill humor juga perlu dilatih. Hidup memang tidak boleh terlalu serius, ada kalanya sedikit candaan dibutuhkan untuk mencairkan suasana.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak