Jangan Keliru! Ini 3 Tanda Introvert saat Marah, Lebih Banyak Diam?

Elvira D Paramitha
Jangan Keliru! Ini 3 Tanda Introvert saat Marah, Lebih Banyak Diam?
Ilustrasi introvert saat marah (Unsplash.com/Christian Erfurt)

Introvert cenderung memiliki energi yang lebih sedikit ketimbang seorang ekstrovert. Maka dari itu, mereka butuh waktu agar energi mereka dapat kembali. Biasanya, introvert akan lebih sering menyendiri di tempat yang sepi atau sedikit orang. Sebab mereka tidak akan memerlukan banyak tenaga.

Namun, apakah kamu tahu bagaimana seorang introvert saat mereka sedang marah? Jika tidak, kamu dapat melihat 3 tanda di bawah ini. Meski tidak semua introvert demikian, namun, kamu dapat menjadikannya sumber informasi jikalau kamu mendapati seorang kenalan kamu yang berperilaku demikian.

1. Lebih Banyak Berdiam Diri

Seorang introvert akan lebih banyak berdiam diri saat dirinya merasakan kemarahan. Meskipun tidak semua demikian, namun, kebanyakan dari mereka lebih sering melakukann "silent treatment" daripada mengutarakan kemarahannya.

Hal ini dikarenakan, seorang introvert lebih peka dengan perasaan daripada pikiran. Saat mengutarakan kemarahan, mereka akan cenderung takut menyakiti perasaan orang lain atau bahkan perasaan mereka sendiri.

Maka dari itu, saat kamu merasa orang yang kamu kenal lebih banyak diam dan cuek, kamu dapat memberikan sedikit ruang dan waktu untuk mereka agar dapat pulih kembali dan mengomunikasikan permasalahan di antara kalian.

2. Fokus terhadap Hal yang Disukai dan Cenderung Mengabaikan Sekitar

Saat seorang introvert merasakan amarah, mereka cenderung mengabaikan sekitar dan fokus dengan apa yang dapat membantu mereka melupakan amarah. Meskipun melupakan amarah sangat sulit, namun akan lebih sulit untuk berinteraksi dengan hal yang menjadi akar permasalahan kemarahan mereka.

Tidak seperti yang terlihat, seorang introvert cenderung memikirkan banyak hal saat mereka merasakan kemarahan. Dengan melakukan hal-hal yang membuat mereka fokus, akan sangat membantu mereka agar lebih tenang dalam mengambil keputusan.

3. Menghilang Sejenak

Saat seorang introvert memiliki masalah hingga membuat diri mereka merasakan kemarahan, biasanya, mereka akan cenderung menghilang dari perkumpulan.

Hal ini dikarenakan, mereka biasanya ingin menyelesaikan masalah tersebut dahulu sebelum benar-benar siap untuk kembali dalam lingkungan sehari-hari. Hal ini sangat wajar karena mereka tentu saja membutuhkan waktu sendiri untuk mengembalikan energi mereka yang hilang.

Nah, itulah beberapa tanda introvert saat marah. Ketika kamu mendapati hal tersebut terjadi ke beberapa orang di sekitarmu, kamu dapat memberikan mereka waktu sejenak agar mereka dapat kembali pulih dari rasa amarahnya dan beraktivitas seperti sedia kala. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak