Tips Manajemen Waktu untuk Kamu yang Sulit Multitasking, Apa Saja?

Elvira D Paramitha
Tips Manajemen Waktu untuk Kamu yang Sulit Multitasking, Apa Saja?
Manajemen Waktu (Unsplash.com/freestocks)

Manajemen waktu adalah suatu keahlian yang paling diperlukan oleh semua orang. Pasalnya, jika kita tidak memiliki keahlian yang satu ini, kita akan sering kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari terutama saat memiliki aktivitas yang padat. Namun, tidak perlu khawatir. Manajemen waktu masih bisa dilatih seiring berjalannya waktu. Sayangnya, keahlian yang satu ini pada dasarnya berkaitan erat dengan skill lain seperti multitasking. Lalu, bagaimana jika kamu tidak memiliki skill multitasking? Tentu kamu masih bisa melatih skill manajemen waktu kamu. Simak 3 tipsnya di bawah ini.

1. Kerjakan Pekerjaan yang Memiliki Deadline Paling Dekat

Hal pertama yang dapat kamu lakukan agar dapat mengerjakan banyak pekerjaan dengan waktu seringkas mungkin adalah mengelompokkan pekerjaan-pekerjaan yang memiliki deadline paling dekat. Saat sudah mengetahui pekerjaan apa saja yang tanggal jatuh tempo atau deadline nya dekat, kamu dapat memulai mengerjakan pekerjaan tersebut sedini mungkin. Hindari hal-hal yang dapat mengganggu tingkat fokus dan produktivitas kamu seperti notifikasi handphone atau makanan-makanan yang ada di dekat kamu.

2. Hindari Mengerjakan dari yang Termudah

Saat seorang tidak dapat melakukan multitasking, mereka cenderung mengerjakan pekerjaan yang mudah  terlebih dahulu dan mengerjakan yang sulit kemudian. Padahal, saat kamu telah menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang mudah, kamu akan cenderung malas mengerjakan yang sulit. Hal ini juga merupakan rencana yang keliru karena pekerjaan yang mudah belum tentu memiliki urgensi yang lebih tinggi daripada pekerjaan yang sulit. Maka dari itu, hindari mencari dan mengelompokkan pekerjaan-pekerjaan yang dinilai mudah lalu mengerjakannya lebih awal. Ubah pola prioritas menjadi pekerjaan mana yang lebuh urgent.

3. Mencari Bantuan Secepatnya saat Memiliki Masalah

Saat seseorang memiliki sebuah masalah, mereka cenderung berkutat dengan masalah tersebut hingga membuang banyak waktu. Padahal, kamu dapat bertanya atau meminta bantuan kepada orang lain saat kamu merasa kamu kesulitan dan tidak mumpuni untuk mengerjakan pekerjaan tersebut dalam waktu yang singkat. Saat mendapatkan jawaban atau cara agar pekerjaan dapat diselesaikan, segera selesaikan secepat mungkin dan jangan banyak mengeluh atau berkutat di hal-hal yang tidak perlu.

Bagaimana? Apakah kamu sudah pernah melakukan salah satu tips di atas?

Video yang mungkin Anda lewatkan

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak