Sering Merasa Lelah? Ini 3 Tips Membuat Tubuh Lebih Bugar

Elvira D Paramitha
Sering Merasa Lelah? Ini 3 Tips Membuat Tubuh Lebih Bugar
Ilustrasi makanan bergizi (Unsplash.com/Anna Pelzer)

Sering kelelahan sebenarnya ditandai dari berbagai faktor seperti aktivitas yang terlalu padat, tingkat stres yang terlalu tinggi dan sebagainya. Cara untuk mengatasi rasa lelah yang terus datang pun juga beragam. Salah satunya adalah menjaga agar tubuh tetap bugar. Saat tubuh kamu terasa bugar, kamu tidak akan mudah mengalami kelelahan.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan tubuh yang bugar? Simak 3 tipsnya di bawah ini dilansir dari website p2ptm.kemkes.go.id,

1. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga dapat meregangkan otot-otot kamu yang kaku. Selain itu, olahraga memungkinkan kamu bergerak secara aktif sehingga tubuh menjadi lebih sering mengeluarkan keringat. Saat kamu melakukan olahraga secara rutin, kamu akan lebih mudah melakukan aktivitas kamu tanpa kelelahan karena tubuh kamu sudah terbiasa dengan olahraga yang aktivitasnya lebih melelahkan.

Tidak perlu terlalu berat, kamu bisa mulai dengan berolahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda namun lakukan olahraga tersebut serutin mungkin.

2. Konsumsi Air Putih Cukup

Mengonsumsi air putih sangatlah dianjurkan agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan yang dapat membuat tubuh kelelahan. Menurut Kementerian Kesehatan, konsumsi air putih yang disarankan adalah sekitar delapan gelas atau total 2 liter dalam sehari.

Jika asupan cairan tubuh terlindungi dengan baik, maka kamu tidak akan mudah dehidrasi dan kelelahan. Untuk itu, selalu pastikan bahwa kamu memenuhi jumlah konsumsi air putih harian kamu.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Dilansir melalui laman Alodokter, makanan adalah sumber energi utama bagi tubuh. Sayangnya, tidak semua makanan dapat mengatasi rasa lelah. Kamu perlu memakan makanan yang memiliki gizi seimbang yang mengandung berbagai nutrisi seperti protein, karbohidrat kompleks, lemak, serta vitamin dan mineral. Menjaga pola makan teratur juga dapat mengatasi kelelahan yang diderita karena rasa lapar atau rasa lemas tubuh karena energi yang berkurang.

Untuk itu, selalu pastikan bahwa kamu makan makanan yang bergizi dengan teratur. Cara paling mudah adalah dengan membuat alarm untuk setiap waktu makan. Dengan demikian, kamu tidak akan melewatkan jam makan kamu yang seharusnya.

Bagaimana? Tips mana yang sudah kamu terapkan?

Video yang mungkin Anda suka

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak