CEK FAKTA: Bermain Smartphone Saat Hujan Bisa Tersambar Petir?

Alvi Nur Jannah
CEK FAKTA: Bermain Smartphone Saat Hujan Bisa Tersambar Petir?
Ilustrasi petir menyambar (Freepik/macrovector)

Musim hujan telah berlangsung selama beberapa pekan di Indonesia. Tidak jarang hujan yang sering terjadi tersebut disertai dengan angin dan kilatan petir yang menakutkan.

Petir sendiri dapat menyambar secara random. Karena itu, penting untuk selalu berlindung saat hujan petir terjadi. Selain menyambar benda tinggi, petir juga bisa menyambar benda runcing serta logam seperti besi dan metal.

Namun, banyak orang yang beranggapan bahwa petir dapat menyambar seseorang yang bermain smartphone ketika terjadi hujan petir meskipun sedang berada di dalam rumah. Hal tersebut telah dipercaya oleh masyarakat luas hingga membuat orang takut untuk bermain gadget saat ada hujan petir.

Mengutip kominfo.com, faktanya hal tersebut merupakan disinformasi dan tidak benar. Dalam laman webnya, kominfo menjelaskan jika tidak ada pengaruh antara smartphone dan hujan petir.

John Jensenius, spesialis keselamatan kilat National Weather Service mengatakan bahwa petir hanya bisa menyambar kabel dan pagar. Jadi kamu tetap bisa bermain gadgetmu, tapi sebaiknya kamu tidak menggunakannya dengan dicas saat terjadi hujan petir.

BACA JUGA: Selamat Usai Terjebak Reruntuhan Puing Bangunan Selama 3 Hari, Azka Berlindung di Celah Lemari

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa kamu coba terapkan untuk menghindari sambaran petir. Berikut ulasannya!

1. Berlindung di ruangan tertutup

Saat terjadi hujan petir, sebaiknya kamu segera masuk ke dalam rumah dan tutup semua pintu. Namun jika kamu sedang berada di dalam mobil, maka sebaiknya kamu tidak keluar dari mobil tersebut dan carilah tempat yang lebih aman. Jangan berdiam diri atau berlindung di tempat terbuka.

2. Cabut setop kontak

Pastikan bahwa kamu segera mencabut setop kontak saat hujan petir terjadi. Hindri menggunakan perangkat listrik yang terhubung dengan kabel seperti TV kabel, komputer dan lain sebagainya. Jauhi juga jendela dan pintu yang terbuat dari logam.

3. Hindari menggunakan air

Air merupakan penghantar listrik yang baik. Jadi, hindari menggunakan air saat terjadi hujan petir. Apalagi jika aliran air yang kamu pakai menggunakan pipa besi, hal tersebut akan sangat berbahaya.

Faktanya, bermain smartphone saat hujan petir bukanlah tindakan yang berbahaya kecuali jika kamu memainkannya dengan dicas. Jadi, lebih waspada yuk untuk keselamatan diri!

Video yang Mungkin Anda Suka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak