Nggak Perlu Bingung, Ini Tips Naik KRL untuk Kamu yang Baru Pertama Naik

Shafira Zahra
Nggak Perlu Bingung, Ini Tips Naik KRL untuk Kamu yang Baru Pertama Naik
Ilustrasi Commuter Line (Freepik)

Di era new normal ini, masyarakat mulai kembali melakukan aktivitasnya seperti sedia kala. Satu-persatu transportasi umum juga kembali beroperasi dan menghilangkan tanda ‘X’ pada tempat duduk, yang artinya penumpang tidak harus melakukan social distancing kembali.

Salah satu transportasi umum dengan banyak peminat adalah Kereta Rel Listrik Commuter Line atau KRL. Dari mulai anak sekolah, mahasiswa, pekerja kantoran, orang tua, hingga orang-orang yang merantau, memilih KRL sebagai transportasi favorit mereka karena menjangkau ruang bagi warga daerah Jabodetabek, tarifnya yang relatif murah, dan yang paling penting adalah bebas dari macet.

Adapun langkah-langkah untuk menaiki KRL adalah dengan tap in e-card yang kamu punya di pintu masuk, menunggu di peron yang tepat, menaiki kereta yang sesuai dengan tujuanmu, dan yang terakhir adalah melakukan tap out di pintu keluar.

Baca Juga: Ikuti 3 Cara Merawat Rambut Ala Rosulullah SAW, Hasilnya Jadi Makin Sehat!

Nah, selain langkah-langkah tersebut, ada juga, nih, beberapa tips yang bisa kamu terapkan sebagai pemula dalam menyikapi kondisi yang ada di stasiun maupun di dalam kereta, sehingga bisa menikmati perjalanan menggunakan KRL dengan nyaman.

1. Berangkat lebih awal

Jika kamu mempunyai urusan atau memiliki janji temu, dan kamu memutuskan untuk berangkat menggunakan KRL, sebaiknya berangkatlah lebih awal, seperti 2-3 jam sebelum waktu yang sudah ditentukan untuk menghindari keterlambatan. Misalnya, kamu memiliki jadwal masuk kuliah pukul 10.00 pagi, maka disarankan untuk berangkat dari rumah sekitar pukul 07.00 atau 08.00 pagi.

Hal ini dikarenakan perjalanan dari rumah menuju stasiun, kemudian dari stasiun awal hingga stasiun tujuan, dan dilanjut dengan perjalanan dari stasiun tersebut ke kampus tentunya membutuhkan waktu yang lama.

2. Cari rute KRL yang tepat sebelum sampai di stasiun keberangkatan

Mencari dan memastikan rute yang tepat adalah hal paling utama bagi kamu sebagai pemula untuk menggunakan transportasi umum KRL. Sebelum sampai di stasiun, sebaiknya kamu sudah mengetahui rute mana saja yang akan dilewati sebagai pegangan bagi kamu agar tidak bingung dan berujung tersesat.

3. Pastikan kamu memiliki e-card dengan saldo yang tercukupi

Saat sudah sampai di stasiun keberangkatan, kamu akan melewati pintu masuk dan melakukan tap in e-card di sana. Oleh karena itu, pastikan saldo yang ada pada kartu kamu tercukupi agar bisa masuk dan menaiki kereta. Tarif yang diperlukan untuk tap in di pintu masuk dan tap out di pintu keluar, masing-masing bertarif Rp3.000,00.

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Sebaiknya Menggunakan Air Fryer, Lebih Sehat

4. Jangan malu untuk bertanya 

Jika kamu masih merasa bingung padahal sudah membaca rute dan petunjuk arah yang ada, jangan malu ataupun ragu untuk bertanya pada satpam yang bertugas di KRL, daripada nantinya kamu salah naik kereta dan berujung nyasar.

Jika tidak kepepet, sebaiknya hindari untuk bertanya ke sesama penumpang kereta tentang rute atau stasiun yang ingin kamu tuju, karena kita tidak tahu apakah orang yang kamu tanya sedang terburu-buru atau tidak, bisa saja dia tidak ingin diganggu, atau bahkan ternyata orang tersebut juga baru pertama kali naik kereta, kalau ditanya… nanti malah sama-sama bingung, deh.

5. Jangan terlalu santai, siapkan diri dan tenaga

Sebagai pemula, pastinya kita harus menyiapkan diri di kondisi apapun. Begitu juga saat ingin menaiki Commuter Line. Kamu harus menyiapkan diri, tenaga, dan keberanian karena di stasiun kamu akan akan bertemu dengan banyak orang yang berlalu-lalang, hingga berlari untuk mengejar waktu.

Walaupun ini kali pertamamu menggunakan KRL, jangan terlalu santai saat ingin menaiki kereta ke stasiun selanjutnya, kamu harus menyiapkan tenaga untuk berjalan cepat, atau bahkan berlari dari satu peron ke peron yang lain supaya tidak tertinggal kereta. Karena jika tertinggal, kamu harus menunggu kereta di jam keberangkatan berikutnya yang cukup memakan waktu.

Nggak cuma itu, tenaga kamu juga diperluin untuk nanti berdesak-desakkan di stasiun, apalagi jika kamu harus melewati stasiun transit pada waktu rush hour, siap-siap melihat lautan manusia yang seperti zombie

Eits, ketika sudah di dalam kereta, kamu tetap harus menyiapkan diri jika ramai penumpang untuk duduk atau bahkan berdiri bersebelahan dengan orang asing. Jangan lupa untuk jaga barang-barangmu agar tetap aman, ya!

Baca Juga: Rahasiakan 4 Hal ini Ketika di Tempat Kerja, Demi Kebaikan Diri Sendiri!

6. Hindari menaiki kereta pada waktu rush hour

Jika kamu menggunakan transportasi umum KRL bukan karena ada jadwal tertentu yang sangat penting, hindari untuk menaiki kereta pada jam orang berangkat atau pulang kerja, karena pasti akan sangat ramai dan berdesak-desakkan.

Nggak mau, kan kamu pas berangkat dalam keadaan rapi dan wangi, eh pas sampai tempat tujuan sudah keringetan dan lecek duluan.  

Nah, sederet tips tadi bisa kamu terapkan jika ingin menaiki KRL untuk pertama kalinya. Tidak perlu bingung ataupun panik, karena dalam melakukan segala hal pasti ada yang namanya “pertama kali”.

Menggunakan transportasi KRL itu tidak sesulit yang kalian bayangkan, lho, kalau tidak dicoba nanti kalian tidak akan tahu. Enjoy!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak