Kamu Perlu Tahu! Ini 5 Tips Untuk Bangun Disiplin Diri sebagai Freelancer

Rizal Khoirul Huda
Kamu Perlu Tahu! Ini 5 Tips Untuk Bangun Disiplin Diri sebagai Freelancer
Ilustrasi seorang wanita yang bekerja sebagai freelancer (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas memang tengah digandrungi akhir-akhir ini apalagi saat ini masih pandemi. Freelancer yang bisa dilakukan di rumah serta dapat dilaksanakan kapan saja membuat banyak orang menjadikan profesi ini sebagai sampingan bahkan pekerjaan utama mereka.

Namun menjadi freelancer bukannya tanpa risiko. Tidak adanya jadwal yang teratur serta bekerja di rumah dapat membuat seorang freelancer menjadi kurang disiplin dalam bekerja. Untuk mengatasinya, kamu dapat menerapkan 5 tips di bawah ini:

1. Buat dan taati jam kerja yang telah dibuat

Salah satu tips untuk mengembangkan disiplin diri sebagai seorang freelancer adalah menaati jam kerja yang telah dibuat. Misalkan kamu adalah seorang freelancer di bidang content writer dan membuat jadwal kerja di jam 3 hingga 5 sore.

Kamu perlu tetap konsisten untuk menulis di jam tersebut. Patuh pada jam kerja lama kelamaan akan mengembangkan sikap disiplin pada diri. Selain itu, taat pada jam kerja juga membuat aktivitas lainnya menjadi tak terganggu sehingga dapat menjalani hari dengan baik.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Aplikasi Freelance Terbaik, Cocok Buat Kerja Sampingan

2. Katakan tidak pada multitasking

Multitasking memang kedengarannya keren karena bermakna seseorang yang dapat melakukan lebih dari satu aktivitas dalam satu waktu. Namun untuk membangun disiplin diri sebagai seorang freelancer, menjadi multitasking adalah hal yang kurang direkomendasikan.

Kamu perlu berkomitmen untuk mengerahkan energimu pada satu aktivitas pada rentang jam tertentu. Dengan begitu, pekerjaanmu dapat terselesaikan dengan cepat serta tidak terlalu menguras energimu.

3. Jadilah bos untuk dirimu sendiri

Menjadi seorang freelancer membuat kita memiliki kontrol penuh dengan apa saja yang akan kita lakukan. Namun, bila tidak dilakukan secara benar, pekerjaan kita bisa menjadi tertunda yang berakibat penghasilan dari freelance menjadi tidak maksimal. Untuk mengatasinya, kamu bisa seolah-lah menjadi bos yang mengatur anak buahnya.

Jika kita sedang malas ketika freelance, kamu dapat berkata pada dirimu bila tidak dikerjakan sekarang maka akibatnya pekerjaan tidak segera selesai, kekurangan waktu istirahat, hingga tidak mendapat uang.

BACA JUGA: 5 Daftar Pekerjaan Freelance yang Paling Banyak Dicari, Tertarik Mencoba?

4. Segera tinggalkan tempat tidur

Direkomendasikan untuk segera bangun dari tempat tidur dan mulai berpakaian untuk segera bekerja. Meskipun menjadi seorang freelance, bekerja di tempat tidur tidak dianjurkan karena dapat membuat diri menjadi malas dalam melakukan pekerjaan.

Misalkan kamu menjadi seorang illustrator yaitu mendesain gambar melalui aplikasi seperti CorelDraw, kamu dapat mengerjakan pesanan di tempat duduk dan meja yang telah kamu tata dan sesuaikan sehingga kamu dapat bekerja dengan nyaman.

5. Jangan memaksakan dirimu

Jangan terlalu memaksakan dirimu alias bekerjalah secukupnya. Disiplin diri bukan hanya tentang fokus pada pekerjaan dan menghindari gangguan ketika bekerja, namun juga untuk mengetahui kapan waktunya untuk berhenti.

Sebagai seorang manusia, hidup tidak hanya diisi dengan bekerja saja, kita perlu meluangkan waktu untuk beristirahat serta bersosialisasi baik dengan orang tua, saudara, dan teman.

Itu tadi merupakan 5 tips untuk membentuk disiplin diri sebagai seorang freelancer. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak