Studi Ungkap Orang Korea Tak Miliki Gen Bau Badan Sekalipun Berkeringat dan Tanpa Deodoran

Aditya Prayogi
Studi Ungkap Orang Korea Tak Miliki Gen Bau Badan Sekalipun Berkeringat dan Tanpa Deodoran
ilustrasi cewek (pexels/Foundry)

Bagi kamu yang suka bekerja seharian atau beraktivitas di luar ruangan akan membuat kulit yang berfungsi sebagai alat ekskresi membuang sisa-sisa zat yang tidak diperlukan tubuh melalui cairan keringat, yang biasa meninggalkan bekas dan bau tak sedap di area-area tertentu. 

Selain itu, suhu udara yang panas dan gerah tentu akan membuat bau keringat semakin menyeruak sehingga menimbulkan rasa tak nyaman dan turunnya rasa percaya diri di antara orang-orang yang ada di sekelilingmu.

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Gedung Kemenkumham Terbakar!

Tetapi pada kenyataannya, idol Korea yang pernah kamu saksikan di atas panggung sama sekali tak menunjukkan penurunan percaya diri saat berperforma di hadapan fansnya, meski dibanjiri basahan keringat. Hal ini bisa terjadi karena ada faktor tertentu yang membuat mereka tidak menghasilkan keringat penyebab bau badan dan ketiak.

Faktor gen ABCC11

Dilansir oleh The Korea Times, gen ABCC11 ini merupakan gen penyebab bau badan yang terdapat pada manusia. Studi menyebut hanya ada sekitar 0,006 persen orang Korea yang memiliki gen ini, biang dari segala jenis masalah bau yang diakibatkan oleh keringat. Penelitian ini didasarkan pada Allel Frequency Database (ALFRED), database gen yang dirancang oleh Universitas Yale. Para peneliti menyebutkan rasio orang Korea merupakan yang terendah di dunia.

“Gen ABCC11 pada dasarnya adalah satu-satunya penentu apakah kamu menghasilkan bau ketiak atau tidak,” kata Ian Day, ahli epidemiologi genetika University of Bristol yang menerbitkan sebuah makalah mengenai gen ABCC11 di Livescience.

BACA JUGA: Puluhan Petugas Damkar Berjibaku di Lokasi, Api Masih Berkobar di Lantai 5 Gedung Kemenkumham

“Penelitian menunjukkan bahwa saat ini, hanya 2 persen orang Eropa tidak memiliki gen bau, sebagian besar orang Asia Timur dan hampir semua orang Korea hanya sedikit yang punya gen ini.”

Lebih lanjut, gen ABCC11 juga memengaruhi kondisi normal telinga. Nah, bagi orang dengan gen ini memiliki kotoran telinga yang cenderung basah dan lengket. 

Presentase orang yang memiliki gen ABCC11 di seluruh dunia

Seperti yang sudah dijelaskan sebagian besar negara Asia timur, termasuk Korea, Jepang, dan China nyaris tak memiliki gen ABCC11 ini. Lalu, bagaimana dengan negara-negara lain?

Dilansir oleh artikel yang sama, studi menyebutkan lebih dari 97% orang keturunan Eropa atau Afrika memiliki “gen keringat penyebab bau badan” dan 50-70% orang di Asia tenggara, Kepulauan Pasifik, Asia Tengah, Asia Kecil, serta Amerika memiliki bau ketiak. 

Dampak penjualan deodoran di Korea

Nah, mungkin terbesit di pikiranmu bahwa orang Korea tentunya tidak perlu capek bolak-balik ke toko untuk membeli deodoran atau spray penghilang bau badan, berkat tidak adanya gen ABCC11 ini. 

Mengutip dari Daily Vanity, bagi kamu yang hendak melancong ke Korea Selatan, kamu sebaiknya menyiapkan perlengkapan deodoran yang diperlukan, karena kamu nyaris akan kesulitan menemukan toko yang menjual deodoran.

Mengetahui fakta ini, kita bisa berasumsi bahwa orang Korea memiliki rasa percaya diri yang tinggi, meski dibanjiri keringat di sekujur tubuh. Sebab, tidak menghasilkan bau yang akan membuat orang di sekitarnya risih.

Video yang Mungkin Anda Suka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak