3 Langkah Atasi Rasa Tidak Aman Akibat Keuangan Pas-pasan, Take Action!

Riva Khodijah
3 Langkah Atasi Rasa Tidak Aman Akibat Keuangan Pas-pasan, Take Action!
Ilustrasi dompet kosong (Freepik.com/drobotdean)

Di antara permasalahan yang kerap dihadapi banyak orang adalah persoalan keuangan. Salah satu persoalan keuangan yang sering bikin pusing, yakni kondisi finansial pas-pasan. Situasi inilah yang kemudian bisa menimbulkan perasaan tidak aman dan khawatir yang akhirnya mendorong hidup jadi terasa seperti beban.

Nah, untuk mengatasinya ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan sehingga bisa keluar dari perasaan tidak aman akibat keuangan pas-pasan. Seperti apa langkah yang dapat diambil? Berikut akan diulas lebih jauh.

1. Mencari akar masalahnya

Setiap masalah tentu ada penyebabnya. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan, adalah menentukan apa yang menyebabkan kondisi keuanganmu seperti sekarang.

Gak selalu kondisi finansial pas-pasan disebabkan penghasilan yang kecil, lho. Bisa pula karena cara mengatur keuangan yang masih perlu diperbaiki, misalnya mengurangi gaya hidup boros.

2. Ambil tindakan

Merasa khawatir saja gak akan menyelesaikan masalah. Di antara langkah konkret yang dapat ditempuh untuk keluar dari perasaan tidak aman akibat finansial pas-pasan, yaitu dengan mengambil tindakan.

Sebagai contoh, jika kondisi pekerjaanmu saat ini memberikan gaji yang kecil, maka kamu bisa mencari pekerjaan baru yang dapat memberikan kompensasi lebih layak. Bisa pula dengan mencari penghasilan tambahan untuk menambah pundi-pundi keuangan sehingga kondisi finansial bisa lebih baik.

3. Memperbaiki self-esteem

Gak bisa dimungkiri kondisi finansial bisa sangat memengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Kondisi keuangan pas-pasan dapat menyebabkan seseorang jadi minder sehingga takut untuk mengambil risiko. Padahal, risiko ini penting sekali agar kamu bisa keluar dari kondisi sekarang menuju situasi finansial lebih baik.

Untuk mengatasinya, maka perlu banget memperbaiki self-esteem yang kamu miliki dengan rajin-rajin mengingatkan diri bahwa kondisi keuangan pas-pasan yang dihadapi sekarang hanya bersifat sementara.

Bila kamu konsisten mengambil langkah-langkah untuk berubah, cepat atau lambat pasti kondisi tersebut akan dilewati. Cara pandang seperti ini akan membuatmu optimis untuk mengambil risiko atau keluar dari zona nyaman.

Setiap permasalahan pasti ada jalan keluar, tak terkecuali dengan kondisi keuangan. Semoga dengan uraian tadi dapat bermanfaat buat kamu yang saat ini sedang mengalami perasaan tidak aman dengan situasi finansial pas-pasan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Hayuning Ratri Hapsari

Tampilkan lebih banyak