facebook

Penting Nih! Pendidikan Seksual dan Reproduksi Bagi Remaja

Caksu
Penting Nih! Pendidikan Seksual dan Reproduksi Bagi Remaja
Seminar remaja PKBI

Sejak tahun 2000, di Indonesia telah menyelenggarakan Hari Remaja Sedunia dengan tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Setiap tema yang dipilih memiliki harapan yang disampaikan oleh dan kepada remaja yang mana nantinya dapat dilakukan proses advokasi dan penyebaran informasi. Pada tahun ini tema yang dipilih adalah “Transforming Education” yang berakar pada tujuan SDGs ke-4 tentang Pembangunan Berkelanjutan untuk memastikan pendidikan berkualitas inklusif dan adil dan mempromosikan kesempatan belajar seumur hidup untuk semua. 

Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksual yang komprehensif adalah sebuah alat untuk membantu remaja memahami apa yang terjadi pada periode transisi dalam kehidupan mereka dari anak-anak menuju remaja secara sehat dan bahagia. Pendidikan ini juga merupakan metode untuk pemberdayaan remaja dalam membangun otonomi dalam pembuatan keputusan penting dalam hidup mereka. Tentunya pendidikan kesehatan reproduksi dan seksual yang komprehensif ini perlu juga diperhatikan oleh semua elemen mulai dari Pendidik, Orangtua, Tokoh Masyarakat dan Pemangku Kebijakan. Pemanfaatan media digital sebagai media belajar pendidikan kesehatan reproduksi dan seksual ini juga penting untuk digunakan. Mengingat frekuensi penggunaan internet yang dilakukan oleh remaja adalah setiap hari dan digunakan untuk mencari informasi. 

PKBI DKI Jakarta adalah organisasi non pemerintah yang bergerak untuk mewujudkan keluarga bertanggung jawab, keluarga merupakan pilar utama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di DKI Jakarta, terutama masyarakat yang termarginalkan dan belum mendapatkan pelayanan. Kelompok yang dimaksud adalah ibu rumah tangga, remaja di sekolah, remaja di komunitas, remaja pekerja dan remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Jakarta. 

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) melalui program remaja Centra Mitra Muda memiliki fokus isu terhadap pentingnya pendidikan kepada remaja khususnya pendidikan kesehatan seksual dan reproduksi yang komprehensif. Berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh Centra Mitra Muda untuk pemenuhan akses 

informasi dan layanan kesehatan seksual dan reproduksi kepada remaja sekolah dan luar sekolah. Upaya pemenuhan juga dilakukan kepada kelompok masyarakat dan pemangku kebijakan agar mereka bisa memberikan dukungan dan kebijakan yang berpihak pada remaja. 

Mendasari hal tersebut, PKBI DKI Jakarta akan mengadakan Perayaan Hari Remaja Sedunia dengan judul Transformasi Pendidikan Seksual dan Reproduksi Bagi Semua Remaja agar dapat meningkatkan informasi terkait pentingnya melalui program remaja Centra Mitra Muda memiliki fokus isu terhadap pentingnya pendidikan kepada remaja khususnya pendidikan kesehatan seksual dan reproduksi yang komprehensif. 

Acara ini akan menghadirkan orangtua remaja dari komunitas & sekolah, Kepala Sekolah dan Guru tingkat SMP & SMA se-derajat, Remaja ragam identitas dan pemangku kepentingan terkait seperti Dinas dan Suku Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dinas & Suku Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Dinas PPAPP, dan Dinas terkait lainnya serta rekan-rekan media. 

Isu Kesehatan Seksual dan Reproduksi menjadi topik penting dalam Peringatan Hari Remaja Sedunia yang diselenggarakan oleh PKBI DKI Jakarta. Acara yang dikemas dengan Judul “Transformasi Pendidikan Seksual dan Reproduksi Bagi Semua Remaja” akan berlangsung di Mall Kalibata City, pada Minggu 25 Agustus 2019, Pukul 13.00 – 18.00 WIB. 

Perayaan ini menghadirkan narasumber dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan “Tsabita Adz-Dzakirah – Remaja SMAN 102 Jakarta” serta Moderator “Sharon M. Sumolang – 2nd Runner Up Miss Indonesia 2019”. Kehadiran para narasumber diharapkan mampu memberi informasi yang objektif sehingga jurnalis dapat menyajikan berita yang lebih berimbang dan sensitif terhadap isu pendidikan kesehatan seksual dan reproduksi remaja. 

Selain itu, Hari Remaja Sedunia ini juga dikemas dengan kegiatan-kegiatan menarik yang akan dilakukan dari oleh untuk remaja, seperti dengan Penampilan Dance4Life, Teater Remaja, Penampilan Musik, Musikalisasi Puisi, Story Telling Photovoice, Pameran Photovoice, Motivation Speech, Penampilan Band : Kiarariz dan Guest Star “Deven – Runner Up Indonesian Idol Junior ” 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak