facebook

5 Strategi Meningkatkan Pendapatan Usaha Kedai Kopi

Eko Hadi Kusuma
5 Strategi Meningkatkan Pendapatan Usaha Kedai Kopi
Ilustrasi barista kopi

Usaha kedai kopi di Indonesia semakin menggeliat. Hal ini ditandai dengan kemunculan kedai-kedai kopi baru yang menambah persaingan dalam bidang usaha kopi.

Fenomena ini seolah menangkap peluang yang sedang muncul di depan mata. Sebab, saat ini Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat konsumsi kopi terbesar di dunia.

Menurut data dari International Coffee Organization bulan Oktober 2019, tingkat konsumsi kopi di Indonesia berada di urutan kedua diantara negara-negara pengekspor kopi. Bahkan, jumlah konsumsi kopi selalu naik dalam beberapa tahun terakhir dengan tingkat pertumbuhan 1,8 persen.

Di tengah persaingan yang makin ketat, berikut ini strategi yang dapat membuat usaha kedai kopi meningkatkan cuan.

Deliver your value

Beberapa hal penting dalam menjalankan usaha adalah membangun konsep bisnis, menentukan target market, dan menciptakan value.

Konsep bisnis seperti apa yang dijalankan, siapa konsumen yang disasar, dan value apa yang diberikan kepada pelanggan perlu dirumuskan sejak memulai usaha kedai kopi. Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa value yang telah diciptakan ter-deliver kepada pelanggan.

Kepuasan pelanggan adalah hal yang utama

Dalam usaha, pembeli atau pelanggan adalah raja. Apalagi, maraknya usaha kedai kopi saat ini membuat pelanggan memiliki banyak pilihan. Oleh karena itu, kepuasan pelanggan menjadi hal yang utama.

Pemilik usaha perlu menyajikan tempat yang nyaman, produk terbaik, pelayanan yang memuaskan, hingga pengalaman yang unik dan mengesankan kepada pelanggan.

 Continuous improvement

Jangan segan untuk meminta pelanggan melakukan review atas produk dan layanan yang diberikan, menanyakan apa yang pelanggan harapkan, meminta saran untuk perbaikan di masa mendatang.

Selain itu, lakukan usaha terus menerus untuk meningkatkan kualitas produk, inovasi tiada henti, dan meningkatkan mutu layanan kepada pelanggan.

Gunakan media sosial

Dengan gencar melakukan promosi menggunakan media sosial, akan meningkatkan popularitas kedai kopi. Semakin terkenal di dunia maya, semakin menarik minat para calon pelanggan karena rasa penasaran mereka.

Buat postingan menarik setiap hari di semua akun media sosial untuk memberikan informasi produk kepada calon pelanggan. Bahkan, Jika perlu, berikan giveaway secara berkala atau di momen-momen tertentu.

Menjadi mitra layanan food delivery

Saat ini, layanan food delivery menjamur di Indonesia, terutama kota-kota besar. Layanan tersebut banyak disukai masyarakat karena kemudahannya. Masyarakat dapat menikmati produk makanan atau minuman tanpa harus datang ke lokasi.

Cukup dengan memesan melalui layanan tersebut, makanan atau minuman yang diinginkan akan diantar ke lokasi pemesan. Oleh karena itu, bergabung menjadi mitra layanan food delivery akan meningkatkan peluang penjualan produk kedai kopi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak