alexametrics

Apakah Soft Skill Bisa Ditingkatkan?

safitriindahsaf
Apakah Soft Skill Bisa Ditingkatkan?
Ilustrasi anak cerdas (shutterstock)

Apa yang terlintas dipikiran kalian ketika mendengar kata soft skill? Soft skill merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki dan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Namun, kemampuan yang seperti apakah yang termasuk dalam soft skill?Lalu bagaimana cara mendapatkannya? Apakah soft skill bisa ditingkatkan? Dalam artikel ini saya akan berbagi sedikit tips untuk meningkatkan soft skill.

Soft skill tidak datang begitu saja, namun akan lahir apabila seseorang memiliki motivasi yang besar untuk berubah lebih baik dari sebelumnya. Soft skill sendiri sangat berkaitan dengan suatu keterampilan yang harus seimbang. Istilah keterampilan soft skill ialah istilah yang mengacu pada kepribadian seseorang yang diasah dari dalam lalu dilengkapi pula dengan keterampilan Hard Skill.

Soft skill adalah suatu kemampuan atau keterampilan dari diri seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (termasuk dengan dirinya sendiri). Sehingga soft skill itu mempunyai atribut, dengan demikian meliputi nilai yang dianut, motivasi, perilaku, karakter, kebiasaan, dan sikap.

Atribut-atribut ini dimiliki oleh setiap orang yang tentunya tidak sama satu dengan yang lainnya, yang biasanya juga dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :

  1. Kebiasaan
  2. Berpikir
  3. Berkata
  4. Bersikap
  5. Bertindak

Namun pengaruh-pengaruh ini dapat berubah jika seseorang itu mau merubahnya dengan cara membiasakan diri dengan hal-hal yang baru tentunya.

Soft skill juga bisa dikatakan sebagai suatu kemampuan yang mempengaruhi kita untuk bagaimana berinteraksi dengan orang lain, soft skill juga memuat beberapa komponen yaitu komunikasi yang efektif, berpikir yang kreatif dan kritis, dan masih banyak lagi hal lainnya. Bagaimana masing-masing orang saja yang mempunyai pikiran hal-hal yang memuat dari soft skill itu sendiri.

Pengembangan soft skill berhubungan erat dengan kecerdasan emosional (EQ). Cara meningkatkan dan mengasah soft skill bisa dilakukan contohnya di lingkungan kampus.

Beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan antara lain mulai dari belajar kelompok yang bisa meningkatkan kemampuan menyampaikan pendapat. Selain belajar kelompok, ikut dalam sebuah organisasi juga mampu meningkatkan soft skill.

Dengan berorganisasi, kita dapat bertemu dengan berbagai karakter orang, menghargai pendapat, belajar bagaimana cara menyesuaikan diri, menemukan solusi untuk menyelesaikan suatu masalah, manajemen waktu dan lain-lain.

Semua hal di atas merupakan keterampilan yang sangat diperlukan dalam dunia kerja. Di dunia kerja, kita dituntut untuk bagaimana menghargai orang lain, menghargai waktu, cara kita menyelesaikan suatu masalah, cara bekerja sama dengan baik dan efektif, dengan begitu kita dapat “survive” dalam berbagai bidang pekerjaan kita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak