facebook

Mengapa Bisnis Kedai Kopimu Bisa Gagal? Ketahui Alasannya!

Diomira
Mengapa Bisnis Kedai Kopimu Bisa Gagal? Ketahui Alasannya!
Ilustrasi kedai kopi. (Shutterstock)

Menjalankan bisnis kedai kopi atau coffee shop memang sangat menarik dan mampu mendatangkan keuntungan menjanjikan.

Meningkatnya permintaan pasar akan kehadiran minuman kopi dengan kualitas tinggi, seharusnya menjadi faktor pendukung kesuksesan kedai kopi yang berlokasi strategis dan memiliki manajemen yang baik.       

Namun mengapa ada kedai kopi yang gagal? Kegagalan ini bisa jadi bukan karena kopi yang mereka sajikan, bahkan seringkali kedai kopi yang memiliki karyawan terlatih pun tetap bisa gagal. Lalu apa saja kesalahan yang harus dihindari dalam menjalankan kedai kopi?

Kurang melakukan riset

Memulai bisnis apapun memang memerlukan pasar, begitu juga dengan bisnis kedai kopi. Namun sayangnya kebanyakan pemilik kedai kopi melupakan hal dasar ini. Kebanyakan para pelaku usaha kedai kopi hanya memikirkan bagaimana bisa membuka kedai kopi dengan cepat.

Meskipun kamu sangat menyukai kopi dan mengerti betul bagaimana pengolahannya, hal itu tidaklah cukup. Karena membuka kedai kopi lebih rumit dari yang pernah dibayangkan. Padahal melakukan riset sebelum membuka usaha sangat penting untuk kesuksesan bisnis.

Riset yang bisa dilakukan adalah membaca buku atau sumber lain mengenai kopi, mencari tahu tentang berapa biaya yang dibutuhkan, serta memelajari tentang kopi.

Kesalahan dalam perencanaan

Setiap bisnis kopi tentu memiliki perbedaan dengan kedai kopi lainnya. Perencanaan yang tepat akan membantu kamu menghemat waktu, uang, dan pusing karena gagal membangun bisnis.

Luangkan waktu untuk merencanakan beberapa hal seperti waktu yang digunakan untuk usaha kedai kopimu, pisahkan uang pribadi dan bisnis, kembangkan konsep bisnis kedai kopi secara maksimal, tulis rencanamu, dan masih banyak lagi.

Tidak menggunakan kesempatan untuk belajar dan tumbuh

Umumnya, kesalahan yang dilakukan para pemilik kedai kopi adalah terlalu menganggap remeh bisnis kedai kopi. Pada kenyataanya, memulai dan mengembangkan bisnis kopi membutuhkan waktu dan investasi yang tidak murah.

Untuk itu, kamu perlu terjun dan belajar langsung untuk melalukan pemasaran, promosi, dan hal-hal yang akan menunjang penjualan dari kedai kopi.  

Tidak mengetahui konsep kedai kopi yang dimiliki

Tidak adanya ide atau konsep bisnis yang jelas sejak awal, akan membuat kamu kehilangan arah dalam menjalankan bisnis nantinya. Ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha kedai kopi. tentulah bisnis kopi sesuai dengan anggaran, lokasi, dan persaingan bisnis.

Jika terlalu sulit, kamu bisa menjalan usaha franchise kopi seperti Kofaganza, yang telah memiliki konsep yang jelas dan keuntungan menjanjikan.

Manajemen yang kurang baik

Bisnis apapun termasuk kedai kopi akan muncul dengan sendirinya ketika sudah mencapai kesuksesan. Namun, kesuksesan ini perlu dibarengi dengan manajemen yang baik sejak awal. Meski dibutuhkan banyak waktu untuk mengembangkannya, manajemen yang baik akan lenih baik daripada memerburuk bisnis kamu nantinya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak