alexametrics

e-Money, Memudahkan atau Menyulitkan?

Larasati Randir
e-Money, Memudahkan atau Menyulitkan?
Ilustrasi e-money (pixabay)

Teknologi di zaman sekarang tentunya sudah semakin berkembang, dan semakin banyak inovasi-inovasi baru yang bermunculan. Salah satu teknologi yang ikut berkembang yaitu pada instrument pembayaran.

Uang merupakan alat pembayaran yang sah, seperti yang kita tahu dan sudah kita jumpai dari dulu bentuk uang berupa kertas/ logam, namun seiring jalannya waktu kini sudah muncul uang berbentuk bukan kertas atau logam. Tentu saja uang ini mengikuti era yang serba digital. Uang bukan berbentuk kertas ini dinamakan e-Money atau electronic money.

e-Money merupakan salah satu contoh dari kemajuan teknologi yang mengikuti perkembangan zaman. e-Money juga termasuk salah satu bentuk alat pembayaran yang berbentuk kartu atau sering disebut dengan non tunai, sayangnya masih banyak orang yang belum begitu mengenal e-Money .

Penggunaan e-Money kini sering kita temukan dan kerap digunakan di gerbang toll. e-Money digunakan di toll sebagai alat pembayaran transaksi non tunai . Selain di gerbang toll, di beberapa parkiran mall kini sudah mulai beralih menggunakan e-Money sebagai alat pembayaran. Selain itu e-Money bisa juga untuk pembayaran MRT.

Uang elektronik atau e-Money memiliki beberapa kelebihan. Berikut adalah kelebihan-kelebihan e-Money  :

  1. Berbentuk kartu, sehingga mudah menyimpannya, tidak memerlukan ruang yang banyak jika di dompet / tas anda.
  2. Tentunya sangat praktis & membuat kita semakin cashless.
  3. Dapat mengefisiensi waktu, seperti yang kita tahu sebelumnya ketika melakukan pembayaran di toll dengan tunai kita sering menunggu kembalian, namun jika menggunakan E-toll cukup tap saja saldo sudah terpotong secara otomatis, tidak perlu repot-repot menunggu kembalian.
  4. Dengan adanya e-Money kita tidak perlu cemas menerima uang palsu, karena transaksi berupa non tunai dan e-Money bisa meminimalisir beredarnya uang palsu.
  5. Pengisian ulang atau top up saldo yang mudah.
  6. Saldo tidak terpotong setiap bulan
  7. Tidak perlu memperpanjang masa aktif e-Money, karena e-Money tidak ada batasan waktu masa aktif.
  8. e-Money lebih ramah lingkungan, karena mengurangi penggunaan kertas.

Melihat kelebihan di atas menurut saya e-Money memudahkan para penggunanya karena, dengan adanya e-Money banyak hal yang menjadi lebih mudah,ringkas,dan praktis.

Berdasarkan pembahasan di atas kita dapat mengetahui bahwa e-Money telah memberikan banyak dampak positif terhadap penggunanya, dan e-Money ini sangat cocok di gunakan di era digital sekarang.

Lalu bagaimana jika Anda ingin mendapatkan e-Money? jika Anda tertarik dengan e-Money anda bisa datang ke bank terdekat yang menyediakan e-Money, atau beberapa mini market juga telah menyediakan e-Money

Oleh: Larasati Randiraparsa, Mahasiswi FEB UNSOED Manajemen internasional

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak