alexametrics

Raffi Ahmad dipilih Presiden Jokowi untuk Vaksin Covid-19 Perdana

Ayurizka
Raffi Ahmad dipilih Presiden Jokowi untuk Vaksin Covid-19 Perdana
Artis Raffi Ahmad mendapat suntikan vaksin Covid-19 di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/1/2021). [Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden]

Raffi Ahmad ditunjuk sebagai penerima suntikan vaksin pertama sebagai perwakilan millenials.

Suara.com - Pada 13 Januari 2021, Presiden Joko Widodo menerima suntikan vaksin Covid-19 secara perdana. Beberapa orang dipilih sebagai perwakilan masyarakat dari berbagai golongan.

Salah satunya adalah artis Raffi Ahmad yang turut diundang oleh Presiden Jokowi ke Istana Negara. Raffi diundang sebagai perwakilan masyarakat millenial. Raffi menjadi sorotan masyarakat karena memiliki fans yang sangat luas dan menyamoaikan bahwa vaksin ini diperlukan untuk mencegah masyarakat terkena virus Covid-19.

Melalui unggahan instagramnya, Raffi terlihat sangat santai saat akan disuntik vaksin ini.

Bahkan setelah disuntik, ia bersua foto bersama Presiden Jokowi.

Selain itu, ibunda Raffi Ahmad yakni Amy Qanita juga mengunggah video detik-detik Raffi mendapatkan suntikan vaksin.

Raffi tidak nampak tegang maupun takut saat petugas kesehatan menyuntikkan vaksin padanya.

Sebelum mendapatkan izin suntikan vaksin, orang yang terpilih tersebut sudah melewati pemeriksaan kesehatan pada beberapa hari sebelumnya.

Vaksin Sinovac adalah hasil buatan dari salah satu perusahaan farmasi asal negara China. Indonesia pun sudah memesan vaksin ini semenjak bulan Desember 2020 lalu. Setelah melalui banyak tahap penelitian dan uji coba, akhirnya vaksin ini akan diberikan kepada masyarakat umum.

Vaksin Sinovac memiliki tingkat efektivitas mencapai 65% setelah masa uji coba fase klinik 3. sedangkan WHO memberikan standar minimal 50% untuk sebuah vaksin dapat di uji coba dan digunakan. Vaksin ini juga sudah berlabel halal loh. 

Meskipun sudah ditemukan vaksin ini, masyarakat tetap wajib untuk menaati protokol kesehatan yang berlaku.