facebook

Kamu Seorang Penulis Pemula? Berikut 5 Tips yang Wajib Kamu Ketahui!

karya petani
Kamu Seorang Penulis Pemula? Berikut 5 Tips yang Wajib Kamu Ketahui!
Ilustasi menulis. (unsplash/Green Chameleon)

Menulis merupakan kegiatan yang bagi sebagian orang dianggap membosankan. Namun, saat Anda memasuki dunia ini, Anda akan merasakan betapa menariknya menggabungkan ide dan pengalaman Anda sendiri ke dalam tinta. Melalui tulisan, Anda juga bisa memperkaya ilmu dan memberikan informasi kepada banyak orang. Nah, bagi yang tertarik dan ingin belajar menulis, Anda bisa mengikuti tujuh langkah berikut:

1. Selalu bawa buku khusus

Terkadang ketika kita ingin menulis, kita dibatasi oleh kebingungan tentang apa yang ingin ditulis. Bahkan jika kita benar benar mencari, melihat sekeliling, pikiran itu tersebar. Namun nyatanya, tidak dapat disangkal bahwa gagasan sulit untuk di dapat. Oleh karena itu, buatlah sebuah buku khusus untuk menuliskan ide-ide tulisan yang telah muncul secara tiba-tiba.

2. Tuangkan semua yang ada di pikiranmu

Jika Anda malas menulis, mungkin karena Anda tidak suka dengan apa yang Anda tulis. Penulis pemula dengan posisi tertentu akan menghadapi situasi ini. Oleh karena itu, sebelum menulis, harap perhatikan juga segmen pasar yang akan Anda paskan, serta kedalaman dan kuantitas yang akan Anda adaptasi. Ini akan membuat Anda menjadi kreatif dan tidak mudah bosan.

3. Tetapkan tujuan dan target yang jelas

Ini tidak asing bagi banyak orang. Tapi seberapa banyak sebenarnya itu berjalan? Dalam banyak hal, termasuk dalam kegiatan menulis, menetapkan tujuan sangatlah penting. Tetapkan tujuan menulis bulanan, mingguan atau bahkan harian. Dan cobalah untuk konsisten untuk mencapai tujuan tersebut.

4. Rajin lah membaca

Apa yang kita miliki adalah apa yang bisa kita berikan. Jika kepala kita kosong, tidak ada yang bisa kita lakukan. Ini seperti makanan. Perbedaannya adalah jika makanan mengubah esensi makanan menjadi energi. Pada saat yang sama, membaca mengubah hakikat membaca menjadi materi tertulis.

5. Tanamkan kedisiplinan dalam diri

Tanpa batasan, disiplin menulis adalah tugas yang sulit. Paksakan diri Anda untuk menulis setidaknya satu artikel sehari dan menulis apapun di blog, meskipun hanya ada satu artikel. Namun jika dirasa tidak layak untuk dipublikasikan, maka silahkan simpan di draf terlebih dahulu, yang penting anda tinggal menulisnya saja. Bersikaplah konsisten setiap hari, hingga Anda tiba-tiba menulis tanpa sadar. Ini adalah pepatah "Biasakan sebuah kebiasaan, maka kebiasaan itu akan membentukmu".

Setiap kali ingin menulis ulang, Anda dapat menerapkan 5 langkah di atas. Tentunya langkah di atas harus didukung dengan kemauan kita untuk menulis dan rajin berlatih. Semakin banyak kita berlatih maka semakin termotivasi untuk menghasilkan karya terbaik dan terus belajar dari kekurangan penulisan. Semoga bisa membantu Anda, sampai jumpa!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak