alexametrics

Bisa Bikin Pasangan Jengah, Intip 5 Tips Atasi Cemburu Berlebihan!

Riva Khodijah
Bisa Bikin Pasangan Jengah, Intip 5 Tips Atasi Cemburu Berlebihan!
Ilustrasi orang ketiga (freepik.com/freepik)

Cemburu, pada porsi yang tepat bisa membuat kehidupan percintaan semakin berwarna. Namun ketika dilakukan secara berlebihan, justru akan merusak hubungan.

Rasa cemburu yang berlebih biasanya terjadi akibat perasaan tidak aman (insecurity) terhadap hubungan yang dijalani. Bisa pula diakibatkan rasa tidak percaya diri, sehingga selalu dibayang-bayangi kekhawatiran bahwa kekasihnya akan diambil orang lain.

Jika ini sering dilakukan, pasangan yang tadinya sabar pun lama-lama akan jengah juga. Mencegahnya, coba terapkan tips di bawah ini untuk mengatasi rasa cemburu yang berlebihan. Apa saja?

1. Mengingat-ingat kembali hal positif yang telah dilakukan pasangan

Rasa cemburu pada pasangan bisa hadir karena merasa tidak percaya diri bahwa kamu layak mendapatkannya. Hal ini yang akan membuat kamu dilanda rasa takut saat melihat dia bercengkerama dengan teman atau koleganya. Padahal kalau mau obyektif, sikap pasangan kamu biasa saja, tak menunjukkan sama sekali ada ketertarikan pada orang lain.

Apabila perasaan insecure ini tetap kamu pelihara, hanya tinggal menunggu waktu saja hubunganmu akan retak. Karena hubungan yang sehat hanya bisa terwujud jika ada saling percaya antar pasangan.

Ketika perasaan insecure itu datang, cobalah sering mengingat hal-hal apa saja yang telah dilakukan oleh pasanganmu, pertanda bahwa perasaan cinta dan sayangnya hanya pada kamu seorang.

2. Stop memiliki ekspektasi tidak logis

Kamu memang pasangannya, tapi bukan berarti seluruh hidupnya jadi hanya terpusat padamu saja. Stop memiliki ekspektasi bahwa eksistensinya hanya untuk dirimu seorang. Hal itu tidaklah logis.

Menjalin hubungan denganmu, tak membuatnya harus berhenti berteman dengan lawan jenis. Selama hal itu dilakukan dalam tahap wajar, tak melakukan flirting, atau berbentuk teman tapi mesra, maka berilah dia ruang.

3. Terbuka pada pasangan

Jika rasa cemburu ini kian menyita perhatianmu, jangan tunda lagi untuk mengungkapkannya pada pasangan. Coba utarakan sikap-sikap apa saja yang mengganjal di hatimu.

Berusahalah berkompromi sehingga kamu dan dia bisa menciptakan batasan yang sama-sama membuat nyaman. Tidak menyebabkan salah satu pihak merasa terkekang.

4. Coba tuliskan

Ada kalanya, sulit mengungkapkan perasaan kamu yang sebenarnya pada pasangan. Memendamnya dalam hati juga tidak bagus.

Solusinya, kamu bisa buat jurnal. Catat apa yang kamu rasakan ketika cemburu itu tiba. Keluarkan semua unek-unekmu.

Kalau sudah, dan kamu pun telah kembali tenang, jadikan bahan refleksi. Apakah rasa cemburu itu karena memang si dia melakukan sesuatu yang menurutmu melanggar batas, atau apakah perasaan itu timbul karena sebenarnya kamu merasa iri, teman pasanganmu itu jauh lebih cantik atau tampan dibandingkan kamu?

Dari tulisan ini, kamu bisa menelisik lebih dalam, akar penyebab rasa cemburumu yang berlebihan. Dan bisa segera diambil langkah-langkah penyelesaian.

5. Sibukkan diri dengan hal lain

Terlalu fokus terhadap hubungan asmara yang sedang kamu jalin, bisa membuatmu sangat terobsesi karena memikirkan dia secara berlebihan. Cobalah fokuskan diri juga pada pengembangan dirimu. Apakah itu di bidang karier, pendidikan, dan sebagainya.

Jika itu kamu lakukan, tak hanya bisa mengurangi cemburu yang berlebihan. Pasanganmu pun akan bangga!

Rasa cemburu yang berlebihan tak hanya bisa membuat hubunganmu tidak sehat. Jika si dia sudah teramat lelah dengan tuduhan-tuduhanmu yang tidak berdasar, dia pun dapat tergoda untuk benar-benar merealisasikan tuduhanmu, yakni dengan benar-benar berselingkuh. Pastinya hal ini ingin kamu hindari. Karena itu, coba tekan proporsi cemburumu sampai batas wajar ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak