alexametrics

7 Kiat Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Novita Edy
7 Kiat Menjaga Ginjal Tetap Sehat
Ilustrasi ginjal. [shutterstock]

Ginjal adalah organ tubuh yang perannya penting bagi manusia. Fungsi yang paling utama dari ginjal adalah menyaring limbah kotoran dari dalam tubuh, juga cairan ekstra yang tak dibutuhkan lagi di dalam darah kemudian membuangnya melalui urine atau kencing.

Apabila ginjal tidak dapat bekerja dengan baik, maka tumpukan limbah kotoran dan cairan yang tak baik dalam tubuh tidak bisa dibuang. Kondisi saat ginjal rusak atau tidak mampu melakukan fungsinya disebut gagal ginjal atau penyakit ginjal kronik.

Nah, agar organ ginjalmu tetap sehat dan bekerja maksimal, maka berikut ini kiat-kiatnya seperti disadur dari situs okezone.com:

1. Olahraga

Melakukan aktifitas fisik selama 30 menit per hari dapat membantu untuk menyehatkan ginjal. Tak harus berolahraga berat, lakukan sesuai kemampuan fisik masing-masing. Jika hanya mampu berjalan kaki, maka lakukan rutin agar metabolisme tetap sehat.

2. Makanan sehat

Makanan yang sehat seperti buah segar dan sayuran segar, biji-bijian serta makanan rendah lemak dapat membantu meringankan kerja ginjal. Selain itu, hindari makanan yang terlalu asin, atau mengandung lebih dari 2.300 miligram natrium. Makanan manis juga sebaiknya dikurangi.

3.Air putih

Minuman yang disarankan adalah air putih atau air mineral. Jaga asupannya dengan jumlah yang cukup, tidak terlalu banyak atau sedikit. Dehidrasi akan mengurangi aliran darah ke ginjal sehingga kerjanya makin berat. Terlalu banyak minum juga memperberat kerja ginjal.

4.Hindari obat anti nyeri

Obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen dapat mengurangi jumlah aliran darah ke ginjal. Ini tak baik bagi organ tersebut.

5.Kurangi stres

Stres yang terlalu sering dapat meningkatkan tekanan darah, sekaligus membuat ginjal bekerja makin keras.

6.Jangan merokok

Rokok mengandung banyak zat beracun yang efek sampingnya tidak baik bagi ginjal. Selain itu, rokok juga mengurangi aliran darah ke ginjal.

7.Stop alkohol

Minuman keras yang mengandung alkohol dosis tinggi dapat merusak ginjal karena tekanan darah yang meningkat. Kerja ginjal yang terlalu keras untuk membersihkan darah dari alkohol dapat membuatnya rusak.

Menjaga ginjal tentu lebih baik dari pada mengobati bukan. Yuk jaga ginjal kita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak