alexametrics

8 Makanan Ini Bantu Kurangi Nyeri Ambeien

Novita Edy
8 Makanan Ini Bantu Kurangi Nyeri Ambeien
Ilustrasi wasir, sulit BAB, diare. (Shutterstock)

Jika ambeien atau wasir sedang kumat, rasa sakit dan nyerinya tentu sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Duduk sakit, buang air besar pun terasa menyiksa. Tak jarang terjadi perdarahan yang membuat anus terasa makin nyeri.

Mengutip laman Medical News Today, ada dua jenis ambeien yang dapat terjadi yaitu ambeien atau wasir luar yang terbentuk di bawah kulit dekat anus. Kemudian wasir internal yang terbentuk di anus dan lapisan rektal bawah.

Untuk mengurangi rasa sakit saat BAB, selain minum obat, kamu juga bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan yang berserat tinggi. Makanan tersebut akan meningkatkan berat tinja dan mempercepat waktu melewati usus besar. Alhasil, BAB akan lebih cepat dan mudah.

Berikut ini makanan yang disarankan:

1.Apel

Buah apel merupakan sumber serat sehat yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Kulit apel mengandung serat terbanyak sehingga sebaiknya ikut dimakan.

2.Buah pir

Buah pir juga termasuk jenis buah yang berserat tinggi. Kulit buah pir pun sebaiknya ikut dikonsumsi karena mengandung serat terbanyak dibanding daging buahnya. Fruktosa pada pir disebut sebagai obat pencahar alami yang memudahkan BAB.

3.Jagung

Jagung sudah dipakai sebagai sumber makanan sehat sejak dulu karena serat dan berbagai nutrisi lainnya. Antioksidan jagung membantu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel.

4.Lentil kacang-kacangan

Salah satu contoh dari jenis makanan ini yaitu buncis, kacang polong, atau kacang lima, adalah sumber serat yang disarankan. Mengonsumsi 1 cangkir per hari dapat mencukupi kebutuhan serat Anda sekaligus memudahkan BAB.

5.Roti gandum

Sumber serat lain adalah gandum utuh, yang sudah diolah menjadi roti. Makanan ini membuat kotoran atau feses menjadi lebih berat dan mudah keluar.

6.Buah berry

Berbagai jenis berry adalah sumber serat, vitamin dan mineral. Buah-buahan ini membantu melunakkan feses sehingga wasir Anda tidak nyeri. Fruktosa buah juga merupakan obat pencahar alami.

7.Ubi jalar dan kentang

Makanan sumber karbo ini baik bagi pencernaan, sekaligus memudahkan proses BAB. Seratnya, menurut penelitian, dapat membuat proses pembuangan kotoran lebih mudah.

8.Tomat

Tomat kaya serat dan air serta vitamin. Buah ini mencegah sembelit serta membuat feses berbentuk lunak.

Dengan konsumsi makanan di atas, maka nyeri wasir dapat dikurangi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak