alexametrics

5 Skill Penting yang Bisa Mendekatkanmu Menuju Sukses, Sudah Punya?

Latifah
5 Skill Penting yang Bisa Mendekatkanmu Menuju Sukses, Sudah Punya?
Ilustrasi Wanita Sukses.b (pexels/@olly)

Definisi sukses bagi tiap orang memang berbeda-beda. Ada yang menganggap sukses adalah bisa lulus kuliah dengan cepat dan memperoleh cum laude, ada pula yang beranggapan punya harta banyak adalah definisi sukses.

Mari kita samakan persepsi bahwa sukses adalah bisa menjalani hidup sesuai dengan apa yang kita inginkan. Pastinya tidak mudah, kan?

Karena itu butuh skill penting supaya setiap kita mampu meraih kesuksesan sesuai definisi masing-masing. Apa saja?

1. Kepercayaan diri

Seorang yang percaya diri, artinya dia punya harapan bahwa apa yang ia inginkan pasti bisa diraih. Meski jalannya bertubi-tubi, tapi sebersit harapan itulah yang akan mendorongnya untuk tetap maju walau tertatih-tatih.

Beda halnya jika kepercayaan diri sudah tak ada. Karena dari dasarnya sudah tidak yakin akan mampu meraihnya, ia tak berniat sama sekali untuk melakukan tindakan apa pun. Ya hasilnya pasti ketebak, kan? Keinginannya pasti tidak tercapai. Lha gimana bisa, kalau mencoba aja udah enggan?

2. Komunikasi

Skill lain yang perlu kamu kuasai untuk mencapai tujuanmu adalah komunikasi. Masalah komunikasi ini tak sekadar lihai berbicara di depan banyak orang.

Tapi juga kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik, sehingga orang-orang sekitarnya merasa nyaman untuk berbicara dengannya.

3. Mengelola waktu

Waktu adalah modal gratis yang telah diberikan Tuhan, tapi terkadang diabaikan begitu saja. Setiap orang sudah diberikan adil, memiliki jatah waktu yang sama, yakni 24 jam dalam sehari.

Tinggal bagaimana orang itu mampu memanfaatkan waktu yang ada dengan bijak untuk meraih sukses yang ia impikan. Siapa yang banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja dan belajar, maka tentulah ia akan dapat hasil yang diinginkan.

4. Konsistensi

Suasana hati orang tak selalu sama. Kadang hari ini semangat, esok hari kendor, malas ngapa-ngapain dan tak termotivasi sama sekali untuk melakukan tugas yang semestinya diselesaikan.

Di sinilah pentingnya konsistensi. Bagaimana kamu bisa tetap memaksa diri untuk disiplin mengerjakan tugas meski suasana hati tak mendukung sama sekali.

5. Kejujuran

Seseorang yang sudah terlatih jujur, tidak akan menghalalkan berbagai cara untuk meraih suksesnya. Pedagang jujur, akan mencari untung tanpa merugikan konsumennya. Kontraktor yang jujur, akan mendapatkan proyek tanpa harus ada mark-up dana yang merugikan banyak pihak.

Lewat kejujuran, kamu akan memperoleh kesuksesan sejati. Tak hanya sukses sesaat atau saat di dunia saja, sementara di akhirat merugi.

Nah, dari berbagai skill di atas, mana yang telah kamu punya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak