alexametrics

5 Hal yang Hanya Dimiliki Orang Bermental Kaya, Tak Mudah Tergoda Belanja!

Riva Khodijah
5 Hal yang Hanya Dimiliki Orang Bermental Kaya, Tak Mudah Tergoda Belanja!
Ilustrasi Karyawan Mapan. (unsplash.com/@ruthson_zimmerman)

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang bermental kaya?

Suara.com - Mau sekaya apapun kamu, kalau cuma bisa menghabiskan saja, maka lambat laun harta itu bisa ludes. Beda halnya dengan orang yang meski saat ini masih prasejahtera, tapi kalau mentalnya sudah kaya, maka tinggal masalah waktu saja, dia akan memperoleh kemakmuran.

Nah, berikut ini beberapa hal yang hanya dimiliki orang yang bermental kaya. Apa saja?

1. Fokus pada investasi, bukan tabungan

Menabung itu wajib, untuk persiapan dana darurat, sehingga ketika ada kejadian tak terduga, kamu telah siap dan tidak mengganggu kondisi keuanganmu. Misalnya, saat ada keluarga yang sakit, atau terkena PHK tanpa disangka-sangka. Dana darurat itu sangat penting.

Tapi, orang yang bermental kaya, mereka tak akan puas hanya dengan menabung saja. Karena nilai tabungan, bisa tergerus dengan tingginya angka inflasi yang semakin lama semakin meningkat.

Karenanya, mereka yang bermental kaya, akan menggunakan penghasilan yang dimiliki untuk investasi, sehingga jumlah uangnya nggak stagnan, justru meningkat terus.

2. Tak berhenti untuk belajar

Seorang yang bermental kaya paham benar, bahwa di atas gunung yang tinggi, ada yang lebih tinggi lagi. Karena itu, meski mereka sudah pintar atau sukses, tetap semangat untuk belajar.

Inilah kenapa sosok Bill Gates, yang jadi langganan daftar orang terkaya di dunia, masih juga menyempatkan membaca sekitar 50 buku tiap tahun. Karena ada banyak pengetahuan di dunia ini yang bisa digali.

3. Menjaga reputasi

Orang yang hanya memikirkan bagaimana supaya bisa kaya dengan cepat, akan tidak peduli untuk melakukan hal-hal yang memalukan atau merusak nama baiknya. Beda lagi dengan orang yang punya mindset kaya.

Bagi mereka, nama baik dan reputasi ini sangatlah penting. Untuk itu, mereka sangat menghindari berperilaku atau melakukan cara kotor supaya nama mereka tidak tercemar.

4. Percaya bahwa manusia bisa mengubah hidup

Orang dengan mindset kaya, meskipun saat ini kondisinya masih miskin, tapi yakin bahwa nasib itu bergantung dengan usahanya. Dengan kerja keras dan kerja cerdas, seseorang akan bisa mengubah nasibnya menjadi kaya raya.

Mereka yakin, Tuhan tidak akan mungkin membiarkannya yang telah berusaha dan berdoa untuk terus terpuruk. Pasti akan ada masanya, ketika mereka tak putus harapan, maka Tuhan akan mengabulkan keinginan mereka.

5. Tidak mudah tergoda hasrat belanja

Ini yang sering membuat orang kaya bisa berubah jadi miskin dalam waktu cepat. Sibuk belanja ke sana kemari, padahal belum ada pemasukan. Hanya mengandalkan dari hartanya yang ada saat ini.

Beda lagi dengan orang yang bermental kaya. Bukan berarti ia pelit dan tak mau belanja. Tapi ia tahu, berapa anggaran belanja supaya keuangan tetap sehat. Kalau memang belum mampu membeli barang mewah, jangan memaksakan diri. 

Nah, apakah kamu sudah memiliki ciri-ciri orang bermental kaya di atas?