alexametrics

5 Rekomendasi Makanan yang Awet dan Praktis untuk Persiapan Puasa

Dyan Arfiana Ay
5 Rekomendasi Makanan yang Awet dan Praktis untuk Persiapan Puasa
Ilustrasi Orek Tempe. (Instagram/@rose_cooking_n_baking)

Bingung harus menyediakan makanan apa untuk menu sahur ataupun berbuka? Siapkan aneka makanan yang awet dan praktis, untuk kamu sediakan selama bulan puasa.

Suara.com - Ramadhan tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan telah banyak dilakukan untuk menyambut datangnya bulan penuh berkah ini. Salah satunya, menyiapkan bahan makanan untuk diolah sebagai menu sahur dan berbuka.

Nah, jika kamu masih bingung bahan makanan apa yang sebaiknya tersedia di bulan puasa ini, berikut adalah daftar 5 makanan kering yang praktis dan awet untuk teman sahur maupun berbuka.

1. Gudeg

Sekarang, gudeg sudah tersedia dalam kemasan kaleng. Kamu tinggal memanaskannya sebentar, lalu sepiring gudeg yang sedap siap disantap.

Tidak perlu khawatir dengan kandungan gizinya. Kandungan gizi dalam satu porsi gudeg cukup untuk memenuhi kebutuhan energimu seharian. 

2. Abon

Jenis makanan kering ini juga tidak ada salahnya untuk selalu disediakan di dapur. Rasa abon yang gurih tentu akan jadi pelengkap yang istimewa untuk hidangan sahur ataupun berbuka. Bahkan, jika kamu tidak sempat masak, sahur dengan nasi hangat dan abon saja sudah cukup menggugah selera.

3. Sarden

Sarden dengan berbagai macam varian rasa dapat dengan mudah kita temui di toko ataupun supermarket. Supaya lebih sedap, kamu bisa menambahkan bahan tambahan seperti cabai, tomat ataupun daun bawang saat mengolahnya.

Kepraktisan yang ditawarkan dari sekaleng sarden membuat makanan ini wajib masuk dalam daftar makanan kering yang disediakan di bulan puasa.

4. Tempe kering

Meskipun sederhana, tapi olahan tempe kering terbukti mampu menggugah selera. Rasanya yang gurih berpadu dengan rasa manis dan sedikit pedas membuat sepiring nasi tak akan cukup. Apalagi, olahan tempe kering ini relatif awet meski tidak  dimasukkan ke dalam kulkas.

Cukup simpan saja dalam wadah yang tertutup rapat, tempe kering yang sedap pun siap menemani acara sahur maupun berbuka puasa.

5. Rendang

Siapa yang tidak kenal rendang? Makanan khas Indonesia yang juga masuk dalam daftar makanan terenak di dunia ini memang jadi idola siapapun yang pernah mencobanya.Ramadhan tahun ini, menjadikan rendang sebagai makanan persediaan yang siap santap adalah pilihan yang tepat. Acara sahur ataupun berbuka akan jauh dari kata repot.

Itulah rekomendasi menu makanan apa saja yang praktis dan awet untuk dijadikan santapan saat sahur dan berbuka puasa.

Marhaban yaa Ramadhan!