alexametrics

5 Manfaat Kamu Kurangi Mengeluh Masalah Kerja, Karirmu Maju!

Latifah
5 Manfaat Kamu Kurangi Mengeluh Masalah Kerja, Karirmu Maju!
Ilustrasi Wanita Karir. (pexels.com/@gustavo-fring)

Masalah pekerjaan yang sering dihadapi tak hanya tentang pengangguran. Tapi bagi yang sudah bekerja pun ada berbagai persoalan yang sering ditemui, sehingga membuat tergoda untuk berkeluh kesah.

Wajar sih memang, tapi kalau mengeluh ini dilakukan tiap saat, sampai jadi sebuah kebiasaan, itu yang sebaiknya dihindari. Ada berbagai manfaat yang akan kamu dapat jika mampu mengurangi kebiasaan mengeluhmu tentang masalah kerja. Apa saja?

1. Membuatmu lebih produktif

Mengeluh, bisa menurunkan mood. Kalau suasana hati jadi buruk, maka pekerjaan yang sebenarnya mudah pun akan terlihat sulit dan enggan untuk menyelesaikannya.

Oleh sebab itu, coba deh mulai sekarang kurangi mengeluhmu dan fokuskan saja perhatianmu pada pekerjaan yang mesti kamu selesaikan. Kamu jadi lebih produktif!

2. Mengurangi beban pikiran

Ada kalanya berkeluh kesah bisa membuat hati jadi lega. Tapi ketika mengeluh sudah jadi rutinitas, yang ada malah semakin membebani pikiran.

Mengeluh sebanyak apa pun, toh, nggak akan menyelesaikan masalah, bukan? Justru membuatmu jadi semakin terpuruk dan sulit melihat jalan keluar.

3. Karir akan maju

Tentunya kamu nggak mau, kan bekerja puluhan tahun selalu mengerjakan hal yang sama? Supaya karirmu bisa maju, maka pola pikirmu pun harus berkembang. Salah satunya dengan mengurangi keluhan dan lebih bisa bersikap positif.

Dengan begitu, setiap kali ada tantangan dalam pekerjaan, bukannya disikapi dengan misuh-misuh atau jengkel, malah kamu melihat itu sebagai peluang untuk semakin meningkatkan skill-mu.

4. Meningkatkan kualitas hubunganmu

Saat sedang bersama teman, mana yang lebih membuatmu nyaman. Bersama dengan orang yang selalu berkeluh kesah, atau bersama teman yang selalu bersemangat dan wajahnya selalu terlihat ceria? Tentu yang terakhir, bukan?

Nah, begitu pun teman-teman atau kekasihmu ketika berinteraksi denganmu. Karaktermu yang senang sekali mengeluh, membuat mereka lama-lama jadi lelah. Mungkin di awal mereka merasa simpati, tapi karena sudah terlalu sering mengeluh, mereka pun jadi antipati.

5. Kamu jadi pribadi yang lebih bahagia

Hidup sudah suratannya berisi berbagai masalah. Namun kalau cara pandangmu lebih positif, tak banyak mengeluh, maka kamu pun bisa menjalani hidup dengan lebih bahagia.

Ketika rasanya ingin mengeluh, coba deh berusaha berpikir, setidaknya hari ini kamu masih punya pekerjaan, sehingga dapur tetap ngebul, mau beli baju ada uangnya, bisa bahagiakan keponakan dengan mentraktir mereka makan, dan sebagainya.

Tuh, kan ternyata ada banyak hal yang bisa kamu syukuri dengan pekerjaan yang kamu punya saat ini. Jadi, kurangi mengeluhnya, ya! Dan perbanyak syukur, supaya rezekimu semakin bertambah, dan siapa tahu, keadaan pekerjaanmu di kemudian hari bisa lebih nyaman. Setuju?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak