alexametrics

Sering Bikin Kamu Kesal? Ini 5 Cara Mengatasi Orang Egois

Latifah
Sering Bikin Kamu Kesal? Ini 5 Cara Mengatasi Orang Egois
Ilustrasi kesal. (freepik.com/freepik)

Saat berteman, tentunya kamu ingin mendapatkan lingkungan pertemanan yang baik. Namun, terkadang kondisi membuat kamu tak bisa menghindari jenis teman yang sering mengesalkan, salah satunya teman yang egois atau mau menang sendiri.

Untuk mengatasinya, supaya kamu terus-menerus sebal, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh. Apa saja?

1. Dengarkan, tapi abaikan

Orang yang egois, biasanya ingin memaksakan kehendaknya pada orang-orang sekitar, termasuk kamu. Ia senang sekali memberi saran, tapi sering kali menyakitkan hati.

Untuk menghadapinya, kamu dengarkan saja dia bicara. Tapi jangan dimasukkan sampai ke hati. Setelah didengarkan, kemudian abaikan saja. Kalau sarannya itu baik, ambil. Tapi jika seringnya kamu diberi saran yang merendahkan kamu, buang!

2. Menerima kekurangannya

Egois memang salah, tapi ada kalanya orang tertentu tak bisa lepas dari perangai tersebut. Bisa jadi, disebabkan ada luka masa lalu yang membentuknya jadi seperti itu.

Kamu yang waras, nggak perlu ikut ngegas terus. Terima saja bahwa itu memang kekurangannya. Kalau ini sudah kamu tanamkan, kamu jadi lebih mudah memaafkan dan mengabaikan perilakunya yang egois. Apalagi, jika dia pun memiliki banyak kelebihan yang membuatmu mampu menoleransi sikap egoisnya.

3. Berusaha mengoreksi sikapnya

Setiap orang memiliki cara pengasuhan serta latar belakang yang berbeda-beda. Keegoisan temanmu itu menyebalkan. Tapi pernah terpikir nggak, sih kalau boleh jadi, dia tak tahu apa yang diperlihatkannya sehari-hari itu sebenarnya egois. Karena selama ini tak ada yang mengoreksinya.

Sebagai temannya, cobalah cari cara yang baik, hindari seminimal mungkin dia akan tersinggung, sampaikan padanya kalau sikapnya itu tak baik. Jika diteruskan, bisa membuatnya dijauhi orang-orang.

4. Tak perlu menghabiskan banyak waktu dengan mereka

Berteman dengan orang yang egois, bisa menghabiskan banyak energi dan emosi. Oleh sebab itu, supaya tak sampai mengganggu kewarasanmu, jangan terlalu dekat dengan mereka, hindari banyak menghabiskan waktu dengan mereka. Jadi, memusuhi tak perlu, tapi jangan sampai akrab-akrab juga.

5. Cari lingkaran pertemanan yang baru

Setiap orang punya kapasitas toleransinya sendiri. Kalau kamu merasakan selama berteman dengan mereka yang egois, telah banyak menguras energi dan emosi, dan rasanya jika diteruskan akan berdampak pada kesehatan mentalmu, maka tinggalkan mereka.

Jika mereka berada di lingkungan kantor, maka mau tak mau, kamu harus cari pekerjaan baru di mana lingkungan pertemanannya lebih kondusif.

Semoga dengan tips di atas bisa membantumu mengatasi tipe orang egois yang selama ini kamu temukan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak