alexametrics

5 Menu Sahur yang Bikin Mudah Lelah dan Lemas, Hayo Pilih Lagi Ya!

Novita Edy
5 Menu Sahur yang Bikin Mudah Lelah dan Lemas, Hayo Pilih Lagi Ya!
Agar tak lemas saat puasa, harus ubah pola pikirnya.

Memilih hidangan untuk makan sahur ternyata susah-susah gampang. Sahur adalah kunci kondisi bugar dan kesehatan tubuh sepanjang hari saat puasa. Makanya, jangan asal mengonsumsi sembarang makanan saat sahur. Sebab kalau salah pilih menu, dapat memberikan efek mudah lelah, lapar dan lemas sepanjang hari.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi saat makan sahur, akan memberikan efek yang kurang baik. Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi di dalamnya, juga zat kurang sehat yang masuk di dalam pencernaan saat dini hari.

1. Gula/makanan manis

Staying Healthy melansir, makanan manis atau mengandung kadar gula yang terlalu tinggi mungkin tampaknya baik. Namun sejatinya gula hanya membuat pencernaan dan organ tubuh lain bekerja terlalu keras sehingga energi malah terkuras.

Efek samping dari hal itu, kamu akan mudah kelelahan, dan makin lemas saat berpuasa. Contoh makanan manis yang umum dikonsumsi saat sahur adalah minuman kalengan, sirup, teh manis, kopi manis, dan minuman soda juga aneka kue juga jajanan.

2. Gorengan

Gorengan adalah makanan yang sering dijadikan menu sahur. Faktanya makanan tersebut kurang baik bagi kebugaran tubuh saat puasa. Terdapat kandungan lemak tak jenuh yang sulit dicerna. Untuk mencernanya maka tubuh akan membutuhkan banyak energi, sehingga jadi lemas dan lelah.

Tak hanya itu, gorengan membuat rasa kantuk mudah datang karena berkurangnya aliran darah pada anggota tubuh.

3. Daging

Makan daging juga tak dianjurkan saat sahur sebab organ pencernaan butuh waktu lama untuk mencerna. Akibatnya energi tubuh terkuras dan tubuh mudah lemas serta lelah.

4. Kopi

Minuman dengan kandungan kafein ini sebaiknya dihindari saat sahur. Kafein membuat tubuh bekerja untuk memberikan energi lebih, namun selanjutnya menurun drastis saat kandungan kafein dalam darah menurun.

Tak hanya itu, kopi juga membuat kerja organ jadi terpacu lebih cepat, termasuk memicu kerja kandung kemih. Alhasil kamu jadi mudah haus dan buang air kecil. Tubuh berisiko alami dehidrasi saat puasa.

5. Tidak mengandung zat besi

Makanan yang rendah zat besi membuatmu mudah lelah, lemas dan ngantuk. Karenanya dianjurkan untuk banyak makan makanan bergizi seperti bayam dan kacang-kacangan yang kaya zat besi.

Nah, kamu sering kelelahan dan lemas saat berpuasa? Coba ingat-ingat menu sahur apa yang dikonsumsi sebelumnya ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak