alexametrics

Gaji Besar, Belum Juga Bisa Beli Rumah? 5 Hal Ini Bisa Jadi Alasannya

Latifah
Gaji Besar, Belum Juga Bisa Beli Rumah? 5 Hal Ini Bisa Jadi Alasannya
Ilustrasi Miniatur Rumah. (unsplash.com/@tierramallorca)

Salah satu tujuan hidup yang biasa ada pada karyawan yang telah bekerja, adalah memiliki rumah sendiri. Dengan perkembangan properti saat ini yang menawarkan banyak pilihan, ditambah dengan kemudahan fasilitas kredit, sudah banyak pasangan muda yang memilih mencicil rumah daripada menyewa atau mengontrak.

Jika selama ini gajimu sudah tinggi, tapi belum juga kebeli rumah, mungkin saja ada yang salah dengan pengelolaan keuanganmu. Berikut ini beberapa hal yang bisa jadi alasannya!

1. Gaji tinggi, tapi pengeluaran juga selalu semakin tinggi

Salah satu hal keliru yang kerap dilakukan seseorang ketika mengalami kenaikan gaji, adalah pengeluarannya juga ikut-ikutan naik. Padahal, dengan gaji yang baru tapi pengeluaran tetap sama, maka selisih gaji itu bisa untuk tabungan atau cicilan rumah.

2. Tidak serius memikirkan masa depan

Memang benar, kamu harus menikmati momen saat ini. Tapi, bukan berarti mengabaikan aspek masa depan. Kalau berumur panjang, tapi gaya hidup cuma memikirkan saat ini saja, efeknya, tak ada sama sekali perencanaan supaya masa depan jadi lebih baik. Semua uang gajian hanya dihabiskan demi bersenang-senang saja.

3. Tidak mengalokasikan tabungan

Gaji sudah besar, maka tak ada alasan untuk tidak menabung. Coba deh, evaluasi kembali bagaimana pengeluaran bulanan selama ini. Jangan-jangan, lebih banyak dihabiskan untuk memuaskan keinginan, daripada untuk memenuhi kebutuhan? Kalau hanya untuk menghabiskan keinginan, gaji sebesar apa pun, gak akan pernah cukup. Karena sifatnya manusia, inginnya itu banyak!

4. Tak bisa memilih mana yang penting dan tidak penting

Seperti telah disinggung sebelumnya, kalau uangmu hanya dihabiskan untuk membeli barang demi memuaskan keinginanmu saja, padahal tidak penting, maka gajianmu pasti akan selalu habis. Sayang banget, kan sudah berpayah-payah untuk mendapatkan uang itu, tapi habis gak karuan. Coba deh sisihkan, untuk jadi bekal rumah impian, supaya kamu bisa segera punya rumah sendiri.

5. Bersikap pesimis

Apa yang kamu pikirkan, akan menentukan tindakan. Bagaimana tindakanmu bisa positif, kalau sudah pesimis duluan gak bakal bisa punya rumah sendiri. Hilangkan, ya sikap pesimismu itu. Karena kalau kamu sudah bertekad kuat punya rumah, pasti deh nanti Tuhan beri jalan.

Gimana, kamu sudah punya rencana punya rumah sendiri di tahun ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak