alexametrics

Peringati Hari Bumi dengan Melakukan 5 Gaya Hidup Ramah Lingkungan Ini

Armand IS
Peringati Hari Bumi dengan Melakukan 5 Gaya Hidup Ramah Lingkungan Ini
Ilustrasi Hari Bumi. (Pexels)

Sebagai manusia, tentu kamu dituntut menjaga kelestarian bumi tercinta. Berkat tuntutan itu, masyarakat internasional menetapkan tanggal 22 April sebagai peringatan Hari Bumi setiap tahunnya.

Hari Bumi diperingati dalam rangka menumbuhkan semangat melestarikan bumi dengan berbagai kampanye gerakan ramah lingkungan sekaligus gaya hidup eco-friendly yang bisa dilakukan sehari-hari.

Berikut 5 gaya hidup ramah lingkungan yang bisa mulai kamu biasakan untuk melestarikan bumi.

1. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi

Bahan bakar fosil terbukti oleh berbagai penelitian ilmiah sebagai penyumbang terbesar gas rumah kaca yang berbahaya bagi ekosistem bumi. Bahan bakar fosil digunakan saat kita mengendarai kendaraan bermotor.

Maka, alangkah baiknya jika kamu membiasakan menggunakan kendaraan umum saat bepergian jauh, dan berjalan kaki atau menggunakan sepeda kayuh untuk mengurangi pembakaran bahan bakar fosil.

2. Menggunakan botol reusable

Botol plastik sekali pakai menjadi limbah dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai, sehingga akan mengakibatkan polusi dalam jumlah yang besar.

Untuk mengurangi limbah botol plastik, kamu bisa menggunakan botol reusable yang bisa digunakan berkali-kali.

3. Membiasakan hobi berkebun

Tanaman hijau terbukti menyerap karbondioksida yang menjadi unsur penyumbang polusi sekaligus memproduksi oksigen yang berguna bagi ekosistem. Berkebun merupakan cara yang paling jitu untuk menambah jumlah tanaman penyumbang oksigen di muka bumi.

4. Menggunakan tas belanja berkali-kali pakai

Selain botol plastik, tas belanja plastik juga menjadi penyumbang polusi benda tidak mudah terurai. Gunakanlah tas belanja dari kain yang dapat dipakai berkali-kali untuk mengurangi limbah tas belanja plastik.

5. Menerapkan pola makan plant-based

Pola makan plant-based adalah pola makan yang menekankan kepada konsumsi pangan nabati. Produk hewani seperti daging mengeluarkan limbah organik berupa gas metana, sedangkan produk nabati dari tanaman memproduksi oksigen.

Maka, jika kamu memperbanyak konsumsi pangan nabati, kamu bisa bersamaan memproduksi tanaman penghasil oksigen.

Nah, itulah lima gaya hidup yang menjadi upaya sebagai masyarakat bumi untuk melestarikan lingkungan hidup. Mari bersama-sama perbaiki gaya hidup supaya bumi bisa tetap lestari!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak