alexametrics

7 Fakta Unik Tentang Keris yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Ary
7 Fakta Unik Tentang Keris yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
ILUSTRASI, Keris. (Dok.Pribadi Sri Margana)

Keris, siapa yang tidak kenal dengan senjata asli dari tanah Jawa yang satu ini, mulai dari sisi mistisnya maupun keunikan bentuk fisiknya. Saat ini, senjata keris memang tidak digunakan sebagai alat perang, namun lebih digunakan untuk pelengkap upacara-upacara adat dan kebudayaan. Keistimewaan keris selain memiliki nilai seni tinggi, ternyata juga dipakai sebagai senjata untuk menambah efisiensi dalam melakukan penyerangan, yaitu penusukan, penggoresan, dan pemotongan.

Selain keistimewaan keris seperti yang sudah dijelaskan, berikut ini adalah 7 fakta tentang keris yang mungkin masih belum diketahui oleh kebanyakan orang.

1.  Bentuk awal keris adalah lurus

Pada awalnya bentuk keris adalah lurus. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, bentuk keris berubah menjadi zig-zag.

2. Setiap keris memiliki nama

Bukan hanya manusia atau hewan peliharaan yang memiliki nama, ternyata setiap keris juga memiliki nama. Contoh nama keris yang populer adalah keris Empu Gandring, Kyiai Setan Kober, Nagasasra dan Sabuk Inten, Taming Sari, dan lain-lain.

3. Posisi penempatan keris berbeda-beda d tiap daerah

Tiap-tiap daerah memiliki perbedaan perihal posisi peletakan keris ketika digunakan. Di Jawa, pada masa perang, keris diletakan di pinggang bagian depan, menandakan bahwa pemilik keris tersebut siap untuk berperang atau bertarung, dan diletakan di pinggang bagian belakang ketika pada masa damai. Lain hal-nya dengan daerah Sumatera dan Kalimantan, keris diletakkan di pinggang bagian depan ketika dalam upacara-upacara kebesaran.

4. Keris diakui UNESCO sebagai warisan dunia

Kita sebagai warga negara Indonesia bisa berbangga hati, karena keris dari Indonesia sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai warisan dunia.

5. Keris masuk daftar senjata di game Shadow Fight

Shadow Fight merupakan game populer berbasis android yang diciptakan oleh perusahaan pengembang game asal Rusia, Nekki. Dalam game tersebut, keris hadir sebagai salah satu senjata yang bisa digunakan oleh player dalam memainkan game ini.

6. Pernah muncul di film asing

Selain muncul di game yang berasal dari luar negeri, keris juga beberapa kali muncul di film asing. Contoh film yang menampilkan keris dalam beberapa scene-nya adalah Shanghai Knight, Idle Hand dan Teh Kick.

7. Ada orang luar negeri yang mengkoleksi 300 buah keris

Marc Peeters, Pria berkewarga negara-an Belgia ini sangat mengagumi dan mencintai keris. Bukti kecintaannya terhadap keris. Ia memiliki koleksi keris sebanyak 300 buah. Luar biasa banyak bukan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak