facebook

Daftar 5 Film Horor yang Pernah Masuk Nominasi Best Picture Oscar

Tri Apriyani
Daftar 5 Film Horor yang Pernah Masuk Nominasi Best Picture Oscar
Natalie Portman dalam film Black Swan (imdb)

Film horor menjadi salah satu genre yang disukai oleh kebanyakan orang. Cerita yang unik, adegan yang menegangkan dan bikin kebayang-bayang setelah menontonnya membuat film horor jadi pilihan tersendiri bagi penggemarnya.

Namun sayangnya jarang sekali kita melihat film horor masuk nominasi Oscar, ajang penghargaan tertinggi untuk dunia perfilman. Berikut ini adalah daftar 5 film horor yang pernah masuk nominasi Best Pictures atau film terbaik Oscar:

1. The Exorcist (1973)

Film ini berkisah tentang seorang gadis berusia 12 tahun yang dirasuki setan. Ibu dari gadis tersebut pun mencari bantuan untuk menyelamatkan anaknya. 

Hadirlah pendeta lokal bersama pengusir setan yang mencoba menarik keluar setan dari tubuh gadis tersebut.

Pada gelaran Oscar 1974, The Exorcist mendapat 10 nominasi dan berhasil memenangkan 2 kategori yaitu Best Writing dan Best Sound. Sedangkan untuk Best Picture dimenangkan oleh film The Sting.

2. Jaws (1975)

Film horor yang membuat orang takut untuk masuk ke air karya Steven Spielberg. Berkisah tentang seorang kepala polisi yang memulai misi dengan seorang ahli biologi kelautan dan seorang pemburu hiu untuk menghentikan hiu pembunuh yang merusak pantai.

Di tahun 1975, film Jaws berhasil menyabet 3 penghargaan dari 4 nominasi yang diikuti. Jaws memenangkan kategori Best Sound, Best Film Editing, dan Best Music. Untuk kategori Best Picture saat itu dimenangkan oleh film The Godfather Part II.

3. The Sixth Sense (1999)

Film yang berkisah tentang seorang anak kecil yang bisa melihat orang mati. Ia ternyata dihantui oleh hantu dan bisa berkomunikasi dengan roh.

Di tahun 1999, Film ini masuk 6 nominasi Oscar namun tak ada satupun yang dimenangkannya.

4. Black Swan (2010)

Black Swan adalah film tentang seorang balerina (diperankan oleh Natalie Portman) yang akan berada dalam produksi Swan Lake yang akan datang. Semuanya tampak berjalan dengan baik, tetapi ketika dia harus bersaing dengan seorang pemain pengganti (diperankan oleh Mila Kunis), dia secara bertahap mengalami keruntuhan mental dalam prosesnya.

Film ini sukses membawa pemeran utamanya yaitu Natalie Portman menjadi pemenang kategori Leading Role di Oscar 2011. 

5. Get Out (2017)

Film yang mengisahkan tentang seorang pria kulit hitam bernama Chris (diperankan oleh Daniel Kaluuya) yang mengunjungi keluarga pacar kulit putihnya. Namun dia pun segera mengetahui bahwa keluarga pacarnya ingin melakukan hal-hal yang sangat jahat padanya.

Di gelaran Oscar saat itu, film ini sukses memenangkan kategori Best Original Screenplay.

Itulah daftar 5 film horor yang pernah masuk nominasi Best Pictures atau film terbaik Oscar. Manakah yang menjadi favoritmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak