alexametrics

Jokowi Kenakan Pakaian Adat Lampung, Upacara HUT Kemerdekaan RI Dilakukan Secara Hybrid

Funcrev
Jokowi Kenakan Pakaian Adat Lampung, Upacara HUT Kemerdekaan RI Dilakukan Secara Hybrid
Penampilan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Hari Kemerdekaan RI, Selasa (17/8/2021). (Twitter/@setkabgoid)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021).

Didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Presiden Jokowi tampil menggunakan setelan jas tertutup atau beskap dan celana panjang warna putih, yang dipadukan dengan kain melintang di badan serta melingkar di pinggang.

Sebagai pelengkap, Presiden Jokowi memakai penutup kepala atau disebut Kiket Lampung bendo berwarna merah.

Selaras dengan Presiden Jokowi, Ibu Iriana juga tampak anggun mengenakan kebaya berwarna kuning dengan bawahan kain dengan warna senada. Bahkan, kerudungnya sebagai busana pelengkap, juga tampak senada.

Jokowi hadir sekitar pukul 09.30 WIB di Istana melalui pintu depan. Di sana, Ia sudah ditunggu oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang juga mengenakan pakaian adat. Dalam upacara tahun ini, Wapres mengenakan pakaian adat Sunda dari Sukabumi, Jawa Barat.

Sejumlah pejabat lain pun tampak telah hadir lebih dulu. Mulai dari Ketua DPR Puan Maharani yang menegangkan pakaian adat dari Padang, hingga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengenakan pakaian dinas resmi mereka.

Upacara dalam rangka peringatan HUT Ke-76 RI digelar masih dalam suasana pandemi Covid-19. Perayaan dilakukan secara hybrid, yakni perpaduan daring dan luring.

Jumlah undangan yang hadir secara langsung di halaman Istana Merdeka pun dibatasi, hanya sekitar 17 orang yang merupakan para pejabat tinggi negara dengan menerapkan protokol kesehatan sangat ketat.

Selebihnya, para undangan dan masyarakat umum dapat mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi secara virtual termasuk Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP dan beberapa pejabat tinggi negara lainnya. 

Hadirin virtual upacara kemerdekaan Indonesia. [YouTube: Sekretariat Presiden]
Hadirin virtual upacara kemerdekaan Indonesia. [YouTube: Sekretariat Presiden]

Masyarakat pun dapat mengikuti upacara bendera tahun ini secara daring melalui link pendaftaran yang sebelumnya telah diumumkan dalam website pandang.istanapresiden.go.

Menurut data dari bagian undangan Istana Presiden, jumlah pendaftar upacara virtual mencapai 45 ribu orang dengan komposisi 29 ribu untuk upacara pagi dan 16 ribu untuk upacara sore. 

Selain upacara pagi hari ini, pada sore hari Presiden Jokowi dan Ibu Iriana juga dijadwalkan hadir mengikuti Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih di Halaman Istana Merdeka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak