facebook

Hal yang Bisa Ditiru dari Goh Cheng Liang: Orang Terkaya Ketiga di Singapura

Fadly
Hal yang Bisa Ditiru dari Goh Cheng Liang: Orang Terkaya Ketiga di Singapura
Ilustrasi Uang. (Unsplash/Alexander Mils)

Goh Cheng Liang adalah seorang pebisnis sukses asal Singapura. Ia merupakan bos dari perusahaan Nippon Paint South East Asia. Menurut forbes, kekayaan Goh mengantarkannya menempati deretan orang terkaya ketiga di Singapura. Meski saat pandemi sekalipun ia berhasil meraup kekayaan sebesar USD 18,4 milyar. Luar biasa bukan?

Lalu apa yang bisa kita tiru dari seorang pria 94 tahun itu? Ayo cek selengkapnya.

1. Gigih Bekerja dan Pantang Menyerah

Disadur dari IDX Channel, Goh yang hanya sempat mengenyam bangku sekolah dasar, sudah mulai ikut bekerja di umur 12 tahun. Ia dikirim orang tuanya ke Muar, Malaysia, untuk ikut berjualan jaring ikan bersama saudara iparnya. Bersama iparnya, Goh Cheng Liang mulai belajar akan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola bisnis.

Sekembalinya dari Malaysia, Goh Cheng Liang memutuskan untuk membuka usaha miliknya sendiri. Usaha pertamanya adalah berjualan air soda. Namun sayang usahanya itu tidak mendatangkan keuntungan baginya. Ia rugi dan harus menutup bisnisnya itu.

Meski gagal, Goh Cheng Liang pantang menyerah. Ia kembali memutuskan untuk magang di sebuah toko perangkat keras. Sambil magang, ia belajar banyak hal di sana.

2. Jeli Melihat Peluang

Di tahun 1949, jalan kesuksesan Goh mulai nampak. Saat itu ada tentara Inggris melelang beberapa stok cat lebih sisa perang dunia kedua. Goh memutuskan membeli beberapa barel cat.

Bermodalkan pengetahuan yang ia miliki, Goh mulai bereksperimen. Hingga akhirnya ia berhasil meluncurkan produk catnya yang diberi nama Pigeon.

Di tahun 1950, bisnis Goh mulai menampakkan buah manisnya. Saat itu pemerintah Singapura mengeluarkan kebijakan penghentian impor termasuk cat karena adanya perang Korea.

Hal ini tentu mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit bagi bisnis Goh. Hingga akhirnya pelan-pelan bisnis membesar dan menyebar ke segala bidang.

Menurut catatan forbes, keuntungan Goh dari bisnis cat diinvestasikan ke bisnis properti, seperti perhotelan, pusat perbelanjaan, dan serviced residence. Tidak hanya itu, ia juga berivestasi dalam bisnis kemasan khusus, bisnis ritel yang bermitra dengan Jepang, logistik, manufaktur, hingga pertambangan di China.

3. Jadilah Kontributor Kebaikan

Meski telah sukses besar, Goh dikenal dengan pribadi yang rendah hati. Ia juga diketahui memiliki yayasan yang bernama Goh Foundation. Lewat yayasannya itu ia nenyalurkan dana beasiswa, pendidikan, dan penelitian kanker.

Bagaimana? Sungguh inspiratif bukan? Semoga 3 hal dari seorang Goh Cheng Liang dapat kita tiru untuk kesuksesan hidup kita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak