alexametrics

7 Reaksi Publik Figur Soal Kemunculan Saipul Jamil, Gus Miftah Menyarankan Taubat

Her Her
7 Reaksi Publik Figur Soal Kemunculan Saipul Jamil, Gus Miftah Menyarankan Taubat
Gus Miftah di akun Youtube Atta Halilintar [Youtube]

Bebasnya Saipul Jamil setelah mendekam di penjara bertahun-tahun terus menuai polemik dari masyarakat. Kontroversi Saipul Jamil berlanjut, sampai mencuat petisi menolak ia muncul di layar televisi.

Kasus Saipul Jamil menjadi alasan mengapa ia diminta untuk tak lagi mewarnai dunia hiburan. Kekinian, petisi boikot Saipul Jamil telah tembus ratusan ribu tanda tangan.

Protes datang dari banyak warganet. Termasuk pula sejumlah publik figur yang ikut menyoroti munculnya Saipul Jamil.

Dirangkum dari Suara.com, berikut 7 publik figur yang bersuara soal kemunculan Saipul Jamil.

1. Gus Miftah

Gus Miftah di akun YouTube Deddy Corbuzier
Gus Miftah di akun YouTube Deddy Corbuzier

Pendakwah Gus Miftah menuturkan, bebasnya Saipul Jamil dari penjara semestinya menjadi sebuah introspeksi dan bukan dirayakan bak sebuah kemenangan.

"Juara Olimpiade? Saya paham kok 'orang baik punya masa lalu dan orang jelek punya masa depan'. Tapi Please lah nggak usah euforia berlebihan. Bebas dari penjara harus nya menjadi sebuah Introspeksi dan muhasabah terhadap semua dosa dan kesalahan, bukan seolah olah anda menang," tulis Gus Miftah, Minggu (5/9/2021).

Kemudian, Gus Miftah mengungkapkan kekhawatirannya terhadap perilaku yang tidak sesuai dalam menyikapi kasus Saipul Jamil. Pasalnya Saipul Jamil pernah ditahan terkait kasus pelecehan anak di bawah umur.

"Menang dari apa? Justru saya khawatir perilaku berlebihan keluar dari penjara dengan kasus yang tidak senonoh, kasusnya akan dianggap biasa dan akan terjadi pemakluman. Dan ini adalah sebuah kekalahan. Kalah karena nggak punya rasa malu, kalah karena bangga dengan dosa dan lain-lain. Ingat Anda pelaku bukan korban!" ujar Gus Miftah.

Gus Miftah kritik Saipul Jamil, menyarankannya bersikap biasa saja dan terus bertaubat, serta memohon ampun kepada Allah.

"Saran saya: bersikap biasa saja, terus bertaubat dan memohon ampun kepada Allah, bersyukur masih dikasih kesempatan… Kok Miftah kepo dengan urusan orang? Bukan kepo broooo ini sudah menjadi domain publik, karena dengan sengaja di publis. Saya berdoa untuk Anda semoga Anda sadar dan Allah menerima taubat Anda," imbuhnya.

2. Ernest Prakasa

Ernest Prakarsa. (Sumber: Ernest Prakarsa Facebook)
Ernest Prakarsa. (Sumber: Ernest Prakarsa Facebook)

Ernest Prakasa mempertanyakan kinerja KPI atas kemunculan Saipul Jamil di televisi sebagai mantan narapidana kasus asusila.

"Mantan narapidana pelecehan seksual di bawah umur disambut bagai pahlawan di televisi. Kemana KPI?" kata Ernest Prakasa di Instagram, Minggu (5/9/2021).

Melihat tak ada tindakan tegas dari KPI, bintang film Cek Toko Sebelah ini melontarkan sindiran. Ernest Prakasa menyinggung soal kasus dugaan pelecehan seksual yang terjadi di KPI.

Maklum mantan pegawai KPI mengaku dilecehkan rekan kerjanya belum lama ini. Dia bilang sampai mengalami trauma.

3. Arie Kriting

Arie Kriting [Instagram]
Arie Kriting [Instagram]

Komika Arie Kriting dengan tegas menolak bekerjasama dengan stasiun TV swasta yang memberikan panggung kepada Saipul Jamil. Langkah ini diambilnya sebagai bentuk protes atas kemunculan mantan narapidana asusila di layar kaya. 

Dengan tegas Arie Kriting menolak potongan video miliknya ditayangkan di TV tersebut. Penyebabnya karena TV itu telah memberikan panggung kepada Saipul Jamil. 

"Sepertinya penting bagi saya untuk menyampaikan bahwa saya tidak rela, tidak memberikan izin karya saya atau pun imej saya untuk digunakan oleh media. Baik media cetak atau pun media televisi yang memberikan ruang bagi seorang pelaku pedofil dan pelecehan seksual kepada anak di bawah umur. Saya tidak rela," terangnya. 

4. Angga Dwimas Sasongko

Angga Dwimas Sasongko (Antara)
Angga Dwimas Sasongko (Antara)

Pemilik rumah produksi Visinema Pictures, Angga Dwimas Sasongko mengambil sikap tegas atas kasus Saipul Jamil. Dia bilang akan membatalkan kerjasama dengan stasiun TV yang menampilkan Saipul Jamil.

Hal itu diungkap langsung oleh Angga Dwimas Sasongko di Twitter pada Minggu (5/9/2021).

“Menyikapi hadirnya Saipul Jamil di televisi dengan cara yang tidak menghormati korban. Maka kami memberhentikan semua pembicaraan kesepakatan distribusi film Nussa dan Keluarga Cemara dengan stasiun TV terkait karena tidak berbagi nilai yang sama dengan karya kami yang ramah anak".

5. Najwa Shihab

Salah satu foto Najwa Shihab. [Instagram/@najwashihab]
Salah satu foto Najwa Shihab. [Instagram/@najwashihab]

Najwa Shihab turut menyorot pembebasan pedangdut Saipul Jamil usai mendekam 5 tahun di penjara karena kasus kasus kekerasan seksual terhadap remaja dan suap panitera. Lewat unggahan Instagram, pembawa acara Mata Najwa ini mengunggah video berjudul Glorifikasi dan Bahaya Normalisasi Kekerasan Seksual.

Atas pembebasan Saipul Jamil yang seolah dirayakan ini, Najwa Shihab dalam captionnya menulis, sambutan tersebut dapat berpotensi membuat publik maklum atas aksi kekerasan yang dilakukan artis 41 tahun itu terhadap korban.

"Yang gak kalah bahaya, orang-orang bisa gak malu lagi kalau melakukan kekerasan seksual. Selain itu, perilaku ini juga bisa bikin orang-orang jadi merasa "biasa" melihat para pelaku kekerasan seksual," tulis Najwa Shihab dalam captionnya, Minggu (5/9/2021)

6. Ziva Magnolya

Ziva Magnolya [Instagram/Zivamagnolya]
Ziva Magnolya [Instagram/Zivamagnolya]

Penyanyi Ziva Magnolya ikut mengungkapkan uneg-unegnya atas bebasnya Saipul Jamil. Ia mengaku kesal karena Saipul justru disambut meriah.

"Kenapa mata gue harus banget liat ginian lewat TL. Udah hidup baru aja tentram dan damai ada aja yang bikin mau pindah planet," tulis Ziva di akun Twitternya saat mengomentari unggahan yang memperlihatkan pembebasan Saipul Jamil.

Bahkan Ziva semakin dibuat emosi saat melihat sebuah artikel yang menuliskan narasi Saipul Jamil berhati lembut karena memaafkan korban yang membuatnya masuk penjara.

7. Kemal Palevi 

Kemal Palevi [Instagram/kemalpalevi]
Kemal Palevi [Instagram/kemalpalevi]

Kemal Palevi heran, Saipul Jamil disambut begitu gempita, layaknya seorang artis berprestasi yang baru tiba di Tanah Air.

"Apa cuma di Indonesia, mau sekontroversi apapun orangnya, sudah masuk penjara kek, dihujat se-Indonesia, selalu habis masalahnya kelar, kayak nggak ada apa-aa gitu. Tahu-tahu sudah syuting tv lagi. Tahu-tahu sudah nge-YouTube lagi dan penggemarnya tetap banyak," tulis Kemal Palevi di Instagram.

Kemal Palevi kemudian mengunggah foto tangkap layar dari sebuh judul video di YouTube. Dalam judul video tersebut, bertuliskan, "Masya Allah, Ini Kisah Pilu Saipul Jamil Selama di Penjara."

Kemal Palevi prihatin dengan judul tersebut, yang seakan mengabaikan keberadaan korban pelecehan yang dilakukan Saipul Jamil.

"'Kisah Pilu Sai*ul Ja*il'. Buset dia pelaku pencabulan loh, terbukti bersalah. Yang punya kisah pilu korbannya weyyy," tulus Kemal Palevi dengan emoticon nangis.

Itulah beberapa publik figur yang menyoroti kemunculan dan penyambutan Saipul Jami. Kalau menurutmu bagaimana?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak