facebook

5 Fakta Menarik Perempat Final Indonesia vs Malaysia, Sektor Putri Unggul!

Funcrev Id
5 Fakta Menarik Perempat Final Indonesia vs Malaysia, Sektor Putri Unggul!
Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting saat tampil di Piala Sudirman 2021 di Energia Areena, Vantaa, Finlandia, Rabu (29/9/2021). [BWF/Badminton Photo/Raphael Sachetat]

Indonesia menjalani persaingan sengit hingga partai kelima dengan Malaysia dalam perempat final Sudirman Cup 2021. Indonesia bertanding melawan Malaysia dalam laga perempat final Piala Sudirman 2021 yang digelar di Energia Areena, Vantaa, Finlandia pada Jumat (1/10/2021). 

Dalam pertandingan ini, Skuad Merah Putih telah menurunkan seluruh pemain terbaik dari setiap sektor yang dibawa ke Piala Sudirman Cup 2021. Namun sayangnya, Indonesia harus takluk di tangan Malaysia setelah menjalani duel alot yang tuntas dengan kedudukan akhir 2-3.

Dikutip dari Skor, berikut sederet fakta menarik dari laga antara tim Indonesia dengan Malaysia di perempat final Sudirman Cup 2021.

1. Malaysia unggul lebih awal

Di laga awal, tim Malaysia telah unggul lebih dulu dibandingkan Indonesia. Malaysia membuka keunggulan lewat ganda putra peraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020, Aaron Chia dan Soh Wooi Yik. 

Aaron Chia/Soh Wooi Yik tampil dengan sangat menjanjikan sejak awal permainan dan sukses mengatasi perlawanan ganda putra nomor satu dunia, Marcus Fernaldi Gideon - Kevin Sanjaya Sukamuljo.

2. Indonesia samakan kedudukan dua kali

Sempat tertinggal, Indonesia pun langsung menjawab ketertinggalan pada partai kedua dengan memainkan nomor tunggal putri antara Gregoria Mariska Tunjung melawan Kisona Selvaduray.

Gregoria Mariska Tunjung butuh 67 menit untuk meraih kemenangan rubber game atas wakil Malaysia, hingga kedudukan kembali imbang 1-1.

Indonesia sempat kembali tertinggal 1-2 dari Malaysia usai Anthony Ginting yang bermain di partai ketiga dikalahkan oleh Lee Zii Jia. Mau tak mau, tim Indonesia harus mengambil alih partai keempat untuk menjaga asa lolos ke semifinal Sudirman Cup 2021.

Di partai keempat berkat pasangan ganda putri Greysia/Apriyani Indonesia kembali berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Juara Olimpiade Tokyo 2020 tersebut sukses mengalahkan pasangan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan lewat laga sengit hingga rubber game.

Pertandingan yang berlangsung selama 1 jam 31 menit tersebut berakhir dengan Skor 22-20, 17-21, 21-18 bagi kemenangan Greysia/Apriyani. Indonesia sukses menambah poin dan melanjutkan asa untuk melaju ke babak semifinal.

3. Kemenangan kembali ditentukan di akhir partai

Hingga di partai keempat, poin Indonesia dan Malaysia masih seimbang. Pertandingan akhirnya harus ditentukan melalui partai kelima antara Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti kontra Hoo Pang Ron/Cheah Yee See.

Setelah melewati duel 61 menit, partai penentuan ini dimenangi ganda campuran Malaysia via rubber game. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti takluk di tangan pasangan peringkat 27 dunia, Hoo Pang Ron/Cheah Yee See di Energia Areena, Finlandia, Jumat (1/10/2021).

Dengan hasil tersebut, maka langkah Indonesia dalam Sudirman Cup 2021 resmi terhenti di babak perempat final. 

Tahun ini menjadi kali ketiga Skuad Merah Putih gagal menembus semifinal sepanjang keikutsertaan di Piala Sudirman. Kegagalan sebelumnya terjadi pada edisi 2013 dan 2017.

4. Sektor putri Indonesia lebih unggul

Dua kemenangan Indonesia di perempat final Sudirman Cup 2021 ini disumbangkan oleh sektor putri, yaitu Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri) di partai kedua dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri) di partai keempat.

Adapun dua kekalahan Indonesia lain diderita Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda putra) di partai pertama dan Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra) di partai ketiga.

Dalam laga perempat final Sudirman Cup 2021 ini sektor perempuan tampak lebih diunggulkan dalam meraih poin untuk Indonesia. Meskipun di partai tunggal putri dan ganda putri harus melalui rubber game, namun kedua partai ini sukses mencetak poin untuk Indonesia.

5. Jepang menanti Malaysia di semifinal

Usai menyingkirkan Indonesia, Skuad Negeri Jiran harus segera mengalihkan fokusnya untuk kembali bertanding di partai semifinal yang akan digelar Sabtu (2/10/2021).

Jepang menjadi satu-satunya negara yang mampu memenangi laga babak perempat final Piala Sudirman 2021 tanpa harus menjalani partai kelima.

Dalam laga tersebut, Lee Zii Jia dan timnya sudah ditunggu wakil Jepang yang melaju ke babak empat besar berkat kemenangan 3-1 atas Taiwan.

Itulah tadi sederet fakta menarik di balik pertandingan Indonesia vs Malaysia di babak perempat final Sudirman Cup 2021 yang banyak menghasilkan rubber game.

Dengan hasil yang sudah sejauh ini, tentu saja bukan hal yang patut untuk begitu disesali. Indonesia tentu akan tampil lebih apik lagi di kesempatan lain seperti Thomas dan Uber Cup yang juga akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak