alexametrics

4 Alasan Kamu Mesti Membiasakan Diri Menabung, Jangan Sampai Menyesal!

Latifah ..
4 Alasan Kamu Mesti Membiasakan Diri Menabung, Jangan Sampai Menyesal!
Ilustrasi menabung. (pixabay.com/quincecreative)

Mungkin kamu salah satu yang sering mengeluhkan nggak bisa menabung. Padahal, gaji yang kamu peroleh nggak kecil-kecil banget.

Bila seperti itu, berarti bukan nggak bisa, tapi niatmu untuk menabung masih kurang aja. Dan hal tersebut bisa jadi disebabkan kamu nggak merasa kalau menabung itu penting.

Nah, biar niatmu untuk menabung lebih kuat lagi, berikut ini akan dibahas beberapa alasan kenapa mulai sekarang, kamu wajib membiasakan diri menabung. Yuk, ikuti pembahasannya!

1. Miliki kemandirian finansial

Hal penting pertama kenapa kamu wajib menyisihkan sebagian gajimu untuk ditabung, adalah demi memperoleh kemandirian finansial. Kalau saat ini kamu sudah bisa menabung, selanjutnya kamu bisa lanjutkan dengan investasi. Sehingga, gajimu nggak habis begitu saja.

Kalau sudah bisa investasi, penghasilanmu otomatis lebih dari satu sumber. nggak hanya keuanganmu jadi lebih aman, kamu pun bisa menikmati masa depan dengan lebih nyaman. Karena sudah dipersiapkan dari sekarang.

2. Kamu bisa miliki rumah idaman

Capek gak, sih, bertahun-tahun selalu mengontrak rumah? Bukannya berniat nggak bersyukur, ya. Tapi, boleh dong, kamu punya impian untuk memiliki rumah sendiri?

Nah, dengan mencicil rumah, kamu bisa mengalihkan bayar sewa kontrak rumah menjadi cicilan rumah per bulan. Tapi, sebelum ke sana, kamu mesti siapkan uang muka dulu untuk mengambil kredit rumah. Makanya, nabung itu penting, salah satunya untuk mengumpulkan uang muka.

3. Bebas dari hutang

Terkadang yang membuat kamu berhutang karena ketika ada hal-hal tak terduga, kamu nggak punya uang cadangan, atau dana darurat. Dengan konsisten menabung, kamu jadi punya dana darurat yang bisa dipakai ketika ada hal yang nggak kamu kira sama sekali. Hidup jadi bebas hutang!

4. Jaga-jaga bila kena PHK

Dari kasus pandemi ini kita belajar, bahwa penghasilan yang kamu dapatkan dari kantor, itu nggak bisa aman seratus persen. Bila tiba-tiba iklim ekonomi sedang sulit, dan perusahaan gulung tikar, kamu rentan kena PHK. Kalau sudah begitu, jadi kelimpungan, kan.

Gak hanya buat memenuhi pengeluaran sehari-hari, tapi juga cicilan, dan berbagai kebutuhan lainnya. Iya, kalau setelah di-PHK langsung dapat kerja. Kalau akhirnya menganggur lama? Pusing juga bila nggak ada tabungan sama sekali. Akhirnya menyesal, kenapa dari dulu nggak nabung.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak